10 Cemilan Khas Ngawi Yang Cocok Buat Oleh Oleh Dan Awet Sampai Rumah

10 Cemilan Khas Ngawi Yang Cocok Buat Oleh Oleh Dan Awet Sampai Rumah

Ngawi adalah kota kecil di bagian barat Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan bagian paling timur provinsi Jawa Tengah. Bisa dibilang, kota Ngawi adalah kota yang ramah dan tenang dengan segala budayanya. Kamu tahu tidak, kalau slogan kota Ngawi adalah “Ngawi Ramah”?

Ya, dengan slogan tersebut, masyarakat kota Ngawi mem-branding diri mereka sendiri sebagai warga kota yang peduli dan ramah. Ramah di sini artinya ramah dengan siapa saja, termasuk pada para pendatang. Buktinya, mereka memiliki berbagai camilan khas yang sangat direkomendasikan untuk dibawa pulang para pendatang.

Berkunjung ke berbagai tempat wisata kota Ngawi tidak lengkap jika tidak memborong camilan khas-nya yang sangat lezat. Yuk, simak ulasan kami berikut ini untuk mengetahui macam-macam kuliner yang ada di Ngawi dan wajib untuk kamu borong!

Rekomendasi Cemilan Khas Ngawi Yang Cocok Untuk Oleh-Oleh

Jika kamu berasal dari luar kota Ngawi, kapan-kapan kamu harus coba deh, ngelayap ke kota Ngawi. Di kota ini, ada banyak tempat wisata yang instagrammable dan cocok dikunjungi kala liburan. Atau kamu ingin berkunjung ke rumah saudara yang ada di Ngawi, sempatkan untuk menjelajahi berbagai spot kuliner atau wisata yang epik di kota tersebut.

Sebagai pendatang yang sudah “capek” menjelajahi seisi kota Ngawi, pasti kamu menginginkan wisata kuliner sebagai pengisi perut yang kosong. Ya, di kota Ngawi, ada berbagai jenis cemilan yang bisa kamu temui dengan mudah di berbagai titik di kota tersebut. Berikut ini diantaranya :

  1. Keripik Tempe khas Ngawi, gurih dan nikmat
Keripik Tempe khas Ngawi
Keripik Tempe khas Ngawi (Foto : nurulkhasanah22.wordpress.com)

Salah satu cemilan khas kota ini yang harus kamu bawa pulang ke kota asalmu adalah keripik tempe khas Ngawi. Keripik tempe adalah olahan keripik yang terbuat dari bahan dasar tempe, tepung, dan berbagai bumbu lainnya.

Satu bungkus keripik tempet yang benar-benar diproduksi oleh industri keripik tempe Ngawi pastinya akan kurang. Karena rasanya yang sangat gurih, nikmat, dan endulita!

Jadi pastikan kamu membeli keripik tempe khas kota Ngawi dalam jumlah yang cukup banyak, ya. Namun jangan khawatir, harga dari sebungkus keripik tempe tidak terlalu mahal. Harganya pun ada di kisaran Rp 3.000 hingga Rp 20.000, tergantung dari besar kemasan serta banyak isinya.

  1. Rempeyek khas Ngawi, krenyes!
Rempeyek khas Ngawi
Rempeyek khas Ngawi (Foto : jabar.idntimes.com)

Salah satu kuliner yang khas dari Ngawi selanjutnya dan direkomendasikan pada para pendatang adalah rempeyek khas Ngawi. Kuliner khas yang satu ini sangat mudah ditemui di warung-warung makan di pinggiran di kota Ngawi maupun di restoran skala besar.

Rempeyek adalah olahan yang terbuat dari tepung terigu dan dicampur dengan air serta berbagai bahan “topping” lain seperti kacang tanah, ikan teri, dan lain sebagainya. Harga rempeyek cukup murah, mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Rempeyek merupakan camilan ringan yang sangat lezat dimakan begitu saja atau dijadikan pelengkap hidangan khas Ngawi seperti nasi pecel, nasi lethok, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa membawa pulang rempeyek dan dijadikan sebagai makanan ringan di kala bersantai.

  1. Coklat Tempe khas Ngawi, manis dan asin sekaligus
Cokelat Tempe khas Ngawi
Cokelat Tempe khas Ngawi (Foto : bukalapak.com)

Sebagai masyarakat Indonesia, kita sudah sangat familiar dengan camilan tempe ataupun cokelat. Namun bagaimana rasanya jika cokelat dan tempe dikombinasikan menghasilkan jenis camilan modern dan futuristik yang memanjakan lidah?

Ya, kreativitas warga Ngawi memang tidak ada habisnya. Cokelat manis yang biasanya dijadikan pencuci mulut setelah hidangan berat dikombinasikan dengan tempe yang notabene memiliki rasa cenderung gurih dan sedikit asin.

Kamu tidak boleh melewatkan camilan khas Ngawi yang satu ini. Di Ngawi sendiri ada berbagai merk olahan cokelat tempe yang bisa kamu temui dengan mudah di pusat oleh-oleh Ngawi. Harganya pun tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 25.000 rupiah. Dijamin nagihin!

  1. Sambel Pecel khas Ngawi, pedas gurih manis jadi satu!
Sambel Pecel khas Ngawi
Sambel Pecel khas Ngawi (Foto : shopee.co.id)

Jika kamu berkunjung ke kota Ngawi, salah satu kuliner khas Ngawi yang harus kamu coba adalah nasi pecel. Nah, sebagai versi camilannya, kamu bisa membeli sambel pecel kering yang bisa dijadikan makanan ringan. Loh, kok bisa sih?

Ya bisa dong, sambel pecel kering sangat nikmat jika diseduh dengan air hangat dan dijadikan saus untuk kerupuk ataupun rempeyek. Tak jarang juga, sambel pecel sering dijadikan celupan untuk cilok ataupun pentol. Nikmat bukan?

Harga dari sambel pecel kering yang dikemas secara modern berkisar antara Rp 13.000 hingga Rp 15.000. Tips memilih sambel pecel khas Ngawi terbaik, belilah yang dikemas dengan botol kaca atau plastik yang rapat. Karena dengan begitu, sambel pecel bisa awet hingga berhari-hari.

  1. Dodol Jambu Merah khas Ngawi, si merah yang legit dan manis
Dodol Jambu Merah khas Ngawi
Dodol Jambu Merah khas Ngawi (Foto : kumparan.com)

Olahan dodol khas Ngawi yang terbuat dari jambu merah selalu menjadi favorit bagi para pendatang. Bagaimana tidak, dodol tersebut memiliki warna merah menyala yang seakan menyambut para pendatang dan para pencari oleh-oleh.

Cemilan khas Ngawi yang satu ini berbentuk seperti dodol biasanya yang dikemas dalam plastik lonjong dan transparan. Rasanya legit, manis, dan khas karena terbuat dari jambu merah. Hingga kini, kamu bisa lebih mudah menemukan dodol merah di kawasan Ngrambe, Ngawi. Harganya pun cukup terjangkau serta awet, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang ke kota asal.

  1. Kue Lapis khas Ngawi, lembut dan mengenyangkan
Kue Lapis khas Ngawi
Kue Lapis khas Ngawi (Foto : brilicious.brilio.net)

Camilan lain yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu coba adalah kue lapis khas Ngawi. Jenis kue yang satu ini termasuk dalam kue basah, sehingga sangat cocok dimakan saat anda butuh camilan pendingin mulut yang manis dan legit.

Keunikan dari jajanan khas Ngawi yang satu ini adalah tidak pernah ada kue lapis yang memiliki tingkat rasa manis yang berlebihan! Percaya atau tidak, tapi inilah faktanya. Kamu boleh menelusuri tiap sudut kota Ngawi untuk mencari kue lapis yang rasanya terlalu manis, pasti tidak ada!

Karena memang kue lapis diciptakan tidak terlalu manis, namun dengan rasa yang pas dan membuat kenyang orang yang memakannya. Kamu pun bisa menikmati jajanan ini dengan langsung menggigitnya atau mengelupas dan memakan kulitnya satu persatu. Seru deh!

  1. Kue Roll khas Ngawi, lapisan krimnya tebal deh!
Kue Roll khas Ngawi
Kue Roll khas Ngawi (Foto : jejakpiknik.com)

Kamu pernah makan kue roll? Di Ngawi, ada kue roll yang khas banget dan harus kamu beli ketika berada di kota ini. Kue roll adalah jenis kue yang digulung dan kemudian dipotong-potong dengan presisi yang telah ditentukan.

Biasanya, di bagian tengah kue ini terdapat krim berwarna putih atau warna lain sesuai dengan rasa yang disediakan oleh toko. Kamu bisa menemui jenis camilan yang satu ini hampir di seluruh pusat oleh-oleh di Ngawi. Lapisan krim yang tebal dipadu dengan kue yang lembut, dijamin membuat ketagihan!

  1. Jenang Ketan khas Ngawi, kombinasi kenyal dan legit
Jenang Ketan khas Ngawi
Jenang Ketan khas Ngawi (Foto : shopee.co.id)

Jenang atau dodol ketan khas Ngawi boleh jadi sangat direkomendasikan pada kamu yang ingin cemilan harga terjangkau namun awet berhari-hari. Olahan jenang ketan ini terbuat dari ketan, santan, dan juga gula merah yang dipanaskan hingga kental.

Jenang ketan sangat direkomendasikan karena teksturnya yang sangat kenyal serta rasanya yang begitu legit di lidah. Harganya pun cukup terjangkau dan mudah ditemui di pusat oleh-oleh Ngawi. Jenang ketan cukup awet, cukup letakkan di leemari pendingin untuk menjaga kualitas rasanya.

  1. Sale Pisang khas Ngawi, bertekstur kering namun sangat renyah
Sale Pisang khas Ngawi
Sale Pisang khas Ngawi (Foto : hot.liputan6.com)

Sale pisang adalah jenis olahan yang terbuat dari pisang yang telah melalui proses pengeringan serta pengasapan. Hidangan sale pisang memiliki aroma yang khas karena teknik pengolahan yang juga unik.

Sebenarnya sale pisang adalah hidangan yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Namun di kota Ngawi khususnya di tempat-tempat perbelanjaannya, cukup banyak jajanan sale pisang yang dijual dengan harga terjangkau. Jenis jajanan ini cukup awet hingga berbulan-bulan loh, kalau ditempatkan di lemari pendingin. Cocok untuk keluarga kamu di rumah deh!

  1. Ledre khas Ngawi, jajanan panjang yang seru dimakan bareng eskrim!
Ledre khas Ngawi
Ledre khas Ngawi (Foto : gotravelly.com)

Camilan khas Ngawi yang terakhir kami rekomendasikan pada kalian semua adalah Ledre. Ledre adalah jajanan yang bentuknya memanjang seperti bentuk egg roll, bedanya Ledre terbuat dari bahan pisang dan tepung.

Selain rasanya yang unik –kering dan krenyes– sale pisang juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga. Bentuknya yang panjang membuatnya sangat cocok dijadikan pelengkap eskrim vanila atau cokelat. Jadinya, ledre yang memiliki aroma pisang dipadu dengan dingin dan manis eskrim, akan membuat harimu tambah ceria!

Itulah beberapa jajanan atau cemilan khas Ngawi yang kami rekomendasikan ke kalian semua. Yuk, mampir ke pusat oleh-oleh kota Ngawi untuk memborong berbagai macam jajanan tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *