Kota Pasuruan Dengan 10 Makanan Khasnya Ini Perlu Kamu Tahu

Kota Pasuruan Dengan 10 Makanan Khasnya Ini Perlu Kamu Tahu

Konon pasuruan merupakan kota pelabuhan kuno yang sangat ramai pengunjung. Selain ramai, Pasuruan juga memiliki berbagai macam makanan khas yang membuat kota ini menjadi istimewa loh. Makanan tersebut sangat lezat, bahkan beberapa diantaranya merupakan jenis makanan yang sangat digandrungi oleh orang-orang di seluruh Indonesia. Berikut ini berbagai makanan khas kota Pasuruan yang perlu kamu tahu!

Sayur Kupang

sayur kupang
sayur kupang-foto:idntimes.com

Kupang memang sangat terkenal di daerah Pasuruan dan umumnya di seluruh daerah di Indonesia. Karena selain harganya yang termasuk murah, Kupang memang memiliki rasa yang enak dan digemari oleh masyarakat Pasuruan. Makanan khas ini juga dapat kalian temui dengan mudah di pinggir jalan maupun di restoran.

Satu piring sajian sayur Kupang berisi dengan lontong, irisan lentho, jeruk nipis, dan tentunya kupang. Sayur ini disiram dengan bumbu bawang putih dicampur dengan petis yang dapat memberikan rasa cukup membekas pada lidah anda. Untuk pelengkap agar memiliki rasa yang nikmat kalian bisa memesan es degan dan sate kerang.

Hobi Wisata Kuliner? 10 Makanan Surabaya Ini Bakal Membuatmu Ketagihan

Rawon

rawon
rawon-foto:masakapahariini.com

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal di Pasuruan. Jenis makanan ini disajikan di mangkuk dengan potongan daging sapi yang kenyal dan lembut. Disertai dengan kuah hitam yang memiliki rasa yang khas membuat makanan ini diminati oleh banyak kalangan.

Kuah hitam tersebut terbuat dari ramuan khusus terbuat dari kluwek, yang kemudian diberi campuran bumbu lain sehingga menciptakan rasa khas yang buat ketagihan. Bumbu pelengkap rawon juga mempengaruhi rasa makanan tersebut. Bumbu pelengkapnya terdiri dari telur rebus, tauge, daun bawang, serta jeruk nipis yang membuat rawon menjadi tambah segar.

Klepon

klepon
klepon-foto:selerarasa.com

Jajanan bundar kecil imut yang dilapisi parutan kelapa bak salju ini merupakan makanan khas Pasuruan yang sangat terkenal di dalam kota maupun luar kota. Kue ini terbuat dari tepung beras yang membuat tekstur kue ini menjadi kenyal.

Kue ini berisi gula jawa atau gula merah yang manis. Sehingga ketika di gigit akan lumer di lidah. Jajanan yang satu ini harganya sangat murah meriah serta sangat enak, sehingga sangat cocok untuk dibawa traveling karena memiliki ukuran yang kecil.

Bipang Jangkar

bipang jangkar
bipang jangkar-foto:m.omiyago.com

Jajanan ini sudah ada dan terkenal semenjak tahun 1949 di kota Pasuruan. Jajanan ini menjadi incaran masyarakat sekitar maupun mancanegara. Dikarenakan bentuknya yang unik dan rasanya yang khas membuat bipang jangkar ini sangat dikenal.

Jajanan ini dibuat dengan bahan ketan putih yang direndam kemudian digoreng lalu dicetak. Selain itu, bipang jangkar memiliki rasa yang beragam mulai dari coffee, strawberry, coklat, dan original yang membuat kamu tidak akan bosan jika memakannya.

Soto

soto
soto-foto:merdeka.com

Makanan ini memang terkenal dan setara kelezatannya dengan rawon. Penyajiannya berisi dengan ayam kampung yang telah dipotong menjadi kecil kemudian disiram dengan kuah yang berisi rempah-rempah yang membuat soto terasa enak dan gurih. Selain itu, pelengkap dari rawon dan soto agak mirip yaitu telur rebus, tauge dan jeruk nipis.

Yang berbeda adalah soto membutuhkan koya yang dapat menambah rasa gurih pada makanan tersebut. Makanan berkuah ini memang cocok untuk disantap saat udara dingin, seperti musim hujan agar dapat membangkitkan semangat. Biasanya makanan berkuah ini sangat cocok dimakan dengan kerupuk udang maupun kerupuk kentang. Kalian dapat menemukan soto hampir di setiap warung makanan di pasuruan.

Camilan Ikan Lempuk

camilan ikan lempuk
camilan ikan lempuk-foto:shopee.co.id

Ikan lempuk merupakan ikan yang langka dan hanya dapat bertahan hidup di 2 Negara, yaitu Jepang dan Indonesia. Bahkan ikan kecil mungil yang hanya berukuran 3-4 sentimeter ini hanya bisa berkembang biak di daerah Ranu Grati, Pasuruan. Bahkan beberapa kali ada yang berusaha mengembang biakkan ikan air tawar ini di daerah lain namun, tetap tidak berhasil. Ikan ini memiliki banyak kandungan gizi dan empuk.

Ikan lempuk dapat dikonsumsi oleh anak kecil maupun ibu hamil. Selain mengandung gizi, ikan ini dapat diolah dengan berbagai macam olahan makanan, salah satunya keripik. Keripik Ikan Lempuk memang sangat cocok untuk kalian yang ingin membawa oleh-oleh dari kota Pasuruan. Selain produknya yang tahan lama dan mudah untuk dibawa. Keripik ini juga enak dan gurih.

Lontong Balap

lontong balap
lontong balap-foto:merdeka.com

Makanan ini mirip dengan sajian sayur kupang namun memiliki perbedaan yang menonjol. Bahan utamanya yaitu lontong yang dicampur dengan tahu goreng yang telah dipotong, taoge, tempe yang telah dipotong, kemudian lentho.

Tak berhenti disitu, pelengkap yang harus ada adalah bawang goreng dan kerupuk yang dapat menambah kenikmatan dari makanan ini. Setelah semua disiapkan, langkah terakhir adalah menuang bumbu kuah yang terbuat dari campuran petis, dan bawang putih, serta bawang merah yang dapat memberi aroma khas kota Pasuruan. Harga yang sangat murah meriah dan porsinya yang terbilang banyak akan sangat mengenyangkan dan pas untuk dompetmu.

10 Tempat Wisata yang Menarik di Kota Jember

Cenil

makanan cenil
makanan cenil, foto: cookpad

Cenil merupakan jajanan yang mempunyai tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Cenil memiliki komposisi yakni tepung terigu, tepung kanji, pewarna makanan, garam dan garnish yang terbuat dari kelapa parut. Kemudian, dituang dengan saus gula merah yang manis.

Selain enak, cenil juga memiliki berbagai macam varian warna dari merah, kuning, hijau hingga ada beberapa yang berwarna cokelat yang dapat menarik para pengunjung untuk membelinya. Cenil sangat cocok digunakan sarapan pengganti roti yang juga dapat mengenyangkan perut. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah kalian temukan di pasar tradisional. Harganya yang sangat terjangkau juga membuat kalian tidak akan menyesal untuk mencoba jajanan ini.

Nasi Punel

nasi punel
nasi punel-foto:travelingyuk.com

Dinamakan dengan nasi punel, dikarenakan nasi ini memiliki tekstur yang lengket dan dengan porsi sedikit kalian akan merasa kenyang. Nasi ini bukan terbuat dari beras biasa, melainkan beras yang khusus tanpa campuran beras ketan. Selain itu, cara mengolah beras ini agak sedikit berbeda, dengan cara menanaknya dalam tungku api yang memang memerlukan proses agak lama untuk memasaknya.

Nasi punel disajikan dengan lauk pauk yang menambah selera untuk makan, yaitu tahu, empal, kikil, sate kerang, dan botok (yang terbuat dari kelapa parut serta udang yang dikukus di dalam balutan daun pisang). Tambahan sambal yang pedas dan potongan kacang panjang membuat masakan ini lebih lengkap dan enak.

Kepiting Cak Gundul

kepiting cak gundul
kepiting cak gundul-foto:kulinerenaksurabaya.blogspot.com

Restoran ini memang sudah ada sejak tahun 90 an. Selain itu, restoran ini juga memiliki cabang yaitu di kota Surabaya, Sidoarjo, Jakarta, Semarang, dan Jogja. Sedangkan di Pasuruan berada di daerah Pandaan. Satu porsi kepiting Cak Gundul ini menawarkan porsi yang melimpah sekaligus kuahnya yang lezat.

Harga di restoran terhitung murah yang membuat restoran menjadi laris manis. Selain sajian kepiting, di resto ini juga terdapat banyak macam menu seafood dan berbagai macam menu sayuran. Warga lokal maupun mancanegara sangat antusias mencoba masakan kepiting Cak Gundul dikarenakan rasanya yang terkenal enak. Di tempat ini kalian bisa memilih sendiri kepiting yang kalian inginkan lalu para chef akan memasaknya.

Dari uraian di atas, sudah kalian ketahui, bukan, jika kota Pasuruan sangat kaya akan masakan kuliner yang khas dan sangat lezat. Nah, kalau kalian kelayapan ke kota Pasuruan, pastikan untuk mencoba berbagai masakan yang telah kami sebutkan di atas. Semoga kalian bisa mencoba dan merasakan makanan-makanan khas tersebut, ya. Happy Kelayapan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *