Rekomendasi 10 Tempat Menginap Di Berbagai Puncak Buat Para Pendaki

Rekomendasi 10 Tempat Menginap Di Berbagai Puncak Buat Para Pendaki

Pemandangan alam merupakan ciptaan Tuhan yang patut untuk disyukuri. Dengan melihat pemandangan alam yang indah kamu dapat menghilangkan stress akibat penatnya pekerjaan. Salah satu cara menyenangkan untuk menikmati pemandangan alam adalah melakukan pendakian di gunung.

Melakukan pendakian di gunung memang bukanlah hal yang mudah. Para pendaki biasanya melakukan persiapan yang matang seperti menjaga stamina tubuh dengan cara rutin berolahraga. Mereka juga menyiapkan barang-barang yang diperlukan antara lain makanan ringan, jaket, hingga tenda. Pengorbanan yang mereka lakukan hingga sampai di puncak gunung akan terbayar dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Mendaki sebuah gunung pasti membutuhkan waktu lebih lama bahkan bisa sampai berhari-hari untuk tiba di puncak gunung. Untuk itu para pendaki gunung ini membutuhkan tempat penginapan untuk beristirahat. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat menginap di berbagai puncak untuk para pendaki.

Kawasan Gunung Salak Endah (GSE)

gunung salak endah
gunung salak endah – Foto : cairocinema.net

Salah satu gunung yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan adalah gunung Salak. Gunung ini terletak di antara Kabupaten Sukabumi dan Bogor. Dengan melakukan perjalanan beberapa jam kamu bisa tiba di Gunung Salak. Bagi para pendaki dapat menginap di kawasan Gunung Salak Endah (GSE).

Di kawasan GSE ini terdapat beberapa villa dengan harga yang mahal hingga yang terjangkau juga ada. Atau kalau ingin harga yang lebih hemat kamu bisa menyewa pondokan-pondokan milik warga setempat.

Disini kamu dapat menikmati pemandangan lembah gunung Salak yang menakjubkan. Kawasan ini masih tergolong sepi karena memang merupakan jalur pendakian menuju Gunung Salak.

Ranu Kumbolo : Gunung Semeru

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo-foto:katalogwisata.com

Gunung Semeru termasuk salah satu yang mendapat julukan “The Seven Summits of Indonesia”. Gunung ini menjadi ramai pendaki sejak dipopulerkan oleh film 5 cm.

Gunung ini termasuk 7 “puncaknya” Indonesia bagi para pendaki maupun bukan pendaki. Sebelum mencapai puncak Mahameru, kamu pasti melewati Ranu Kumbolo. Pasalnya Ranu Kumbolo memiliki keindahan danau yang menawan dengan pemandangan hijau yang indah. Pastikan kamu menginap di tepi danau ini dan nikmati pemandangan yang menyejukan.

Pos Menuju Gunung Tambora (Sumbawa)

Pos Menuju Gunung Tambora (Sumbawa)
Pos Menuju Gunung Tambora (Sumbawa)-foto:kumparan.com

Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa. Gunung ini pernah mencatat sejarah karena mengeluarkan letusan yang cukup besar dan dahsyat pada tahun 1815. Gunung Tambora terletak di ketinggian 4301 mdpl.

Mencapai puncak gunung Tambora membutuhkan waktu kira-kira 14 jam. Untuk itu kamu perlu menginap di beberapa pos yang telah disediakan. Salah satunya adalah pos 3 karena setelah melakukan pendakian yang terjal dan curam. Setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalanan yang masih panjang lagi.

Di pos 5 nanti kamu dapat mendirikan tenda lagi. Disini terdapat pohon cemara yang menjadi pemandangan yang indah. Dari sini juga puncak Gunung Rinjani dapat terlihat. Selain itu pemandangan matahari tenggelam akan menjadi pemandangan yang indah.

Danau Segara Anakan – Gunung Rinjani (Lombok – Nusa Tenggara Barat)

Danau Segar Anakan – Gunung Rinjani
Danau Segar Anakan – Gunung Rinjani-foto:kicknew.today

Gunung Rinjani terletak di Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok dan merupakan salah satu gunung tercantik di Lombok. Ketinggian Gunung Rinjani mencapai 3726 mdpl. Jalur pendakiannya tergolong cukup berat. Namun gunung ini masuk dalam salah satu wisata Lombok yang wajib dikunjungi.

Untuk mencapai puncak Rinjani dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 12 jam. Setelah mencapai Danau Segara Anakan hingga pukul 2 pagi, kamu dapat beristirahat di tempat ini dengan mendirikan sebuah tenda. Setelah itu lanjutkan perjalanan lagi untuk menikmati matahari terbit dari puncak Rinjani.

Cemoro Sewu / Cemoro Kandang Sebelum Menuju Puncak Lawu

Cemoro Sewu
Cemoro Sewu-foto:travelingyuk.com

Gunung Lawu merupakan gunung yang membatasi antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini terletak di ketinggian 3265 mdpl. Untuk mencapai puncak Lawu terdapat 3 jalur yaitu jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu dan jalur Candi Cetho. Untuk kamu yang ingin menikmati udara sejuk dapat menginap di Cemoro Sewu atau Cemoro kandang sebelum menuju puncak Gunung Lawu dengan mendirikan tenda.

Glamping Tanakita Situ Gunung Sukabumi

Glamping Tanakita Situ Gunung Sukabumi
Glamping Tanakita Situ Gunung Sukabumi-foto:jejakpiknik.com

Glamping Tanakita Situ Gunung berada di Sukabumi. Lokasinya berada di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat ini menyediakan tenda untuk menikmati pemandangan wilayah Sukabumi dan Bogor.

Fasilitas yang disediakan berupa tenda seperti kasur, sambungan listrik, toilet, kamar mandi, makanan, dan lain-lain. Dengan membayar sekitar Rp 550.000,- kamu bisa menikmati fasilitas tersebut.

Penginapan Di Dekat Gunung Papandayan

Penginapan Di Dekat Gunung Papandayan
Penginapan Di Dekat Gunung Papandayan-foto:jelajahgarut.com

Untuk menikmati keindahan Gunung Papandayan kamu bisa melakukan hiking atau camping. Bagi kamu yang melakukan hiking (tidak camping) di gunung Papandayan namun juga ingin bermalam di sini. Jangan khawatir karena pihak pengelola gunung ini juga menyediakan penginapan di sekitar area.

Penginapan di dekat gunung Papandayan umumnya berbentuk villa diantaranya Sari Papandayan dan Villa Widuri. Penginapan di area Taman Wisata Alam Papandayan biasanya berupa cottage. Disini tersedia 5 cottage antara lain Cantigi, Puspa, Edelweis 1, Edelweis 2 dan Lemo. Harga sewa cottage mulai dari yang murah sekitar 500 ribu hingga 4 juta rupiah.

Homestay Menuju Gunung Kerinci

Homestay Menuju Gunung Kerinci
Homestay Menuju Gunung Kerinci-foto:travel.detik.com

Gunung Kerinci terletak di Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3805 mdpl. Jalur pendakian di Gunung Kerinci terbilang cukup ekstrem. Untuk mencapai puncak gunung ini dibutuhkan waktu sekita 12 jam.

Sebelum menuju puncak Kerinci, kamu harus naik kendaraan umum dari kota Jambi menuju ke Sungai Penuh dan turun di Desa Kresik Tuo, Kecamatan Kayu Ruo. Perjalanan tempuh tadi memakan waktu sekitar 7-9 jam.

Setelah melakukan perjalanan yang lumayan lama, kamu bisa menginap terlebih dahulu di homestay yang terletak di kawasan Desa Kresik Tuo atau daerah Kayu Aro. Kamu bisa beristirahat untuk memulihkan tenaga terlebih dahulu.

Hotel Tanjung Plaza – Lereng Gunung Arjuna

Hotel Tanjung Plaza – Lereng Gunung Arjuna
Hotel Tanjung Plaza – Lereng Gunung Arjuna-foto:wisataku.id

Wisata Gunung Arjuna terletak di Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan juga Mojokerto. Pemandangan di Gunung Arjuna sangat menawan dan menakjubkan yang dinikmati melalui jalur Tretes, Pasuruan. Dengan melalui jalur tersebut kamu dapat menikmati keindahan di lereng Gunung Welirang. Disana juga tersedia penginapan jika kamu ingin bermalam.

Salah satunya ada Hotel Tanjung Plaza yang berada di depan pintu gerbang pos pendakian Gunung Arjuno – Welirang. Hotel ini memiliki arsitektur klasik dengan lampu yang menggantung di dinding kayu. Harga kamar di sini juga relative tergantung budget kamu.

Homestay Pak Muhfid – Kawasan Dieng

Homestay Pak Muhfid – Kawasan Dieng
Homestay Pak Muhfid – Kawasan Dieng-foto:wisata-dieng-wonosobo.com

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Memiliki ketinggian 2565 mdpl cocok untuk para pemula. Pemandangan sunset maupun sunrise disini sangat menakjubkan. Di kawasan ini juga tersedia penginapan untuk melepas lelah.

Salah satunya homestay Pak Muhfid yang merupakan penginapan dengan harga yang relatif murah bagi para pendaki. Di tempat ini juga tersedia penyewaan peralatan camping. Pemilik tempat ini juga bisa mnegurus keperluan pendakian. Kamu bisa menggunakan jasa tersebut.

Demikian rekomendasi tempat penginapan bagi para pendaki gunung. Tak hanya villa atau hotel saja, kamu bisa mendirikan tenda sendiri di berbagai pos peristirahatan untuk lebih menghemat budget. Namun jika budget kamu berlebih tak ada salahnya untuk menginap di penginapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *