Selain Gili Labak, ini Dia 10 Tempat Wisata di Madura ini Punya Kesan Tak Terlupakan

Selain Gili Labak, ini Dia 10 Tempat Wisata di Madura ini Punya Kesan Tak Terlupakan

Bicara soal Madura, tak hanya terkenal dengan sate ataupun karapan sapinya. Di pulau yang terhubung dengan Pulau Jawa melalui Jembatan Suramadu ini juga menawarkan sejumlah tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jika ternyata kamu berencana untuk jalan-jalan kesana, kamu wajib banget melanjutkan informasi mengenai rekomendasi tempat wisata yang mempunyai kesan tak terlupakan berikut ini.

Nah ini dia nih, 10 tempat wisata di Madura yang Menarik:

  1. Bukit Jaddih
Bukit Jaddih
Bukit Jaddih – Foto: inews.id

Tempat wisata pertama yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Bukit Jaddih. Dilihat dari namanya seperti  ala Timur Tengah, wisata  ini merupakan perbukitan kapur yang terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Jam operasional Bukit Jaddih adalah setiap hari antara pukul 06.30 sampai 17.00 waktu setempat.

Terdiri dari beberapa gua kecil yang dibuat secara sengaja, danau buatan yang terdapat di tengah-tengah bukit, sampai bongkahan-bongkahan kapur nan eksotis. Didominasi warna putih dan tersiram cahaya matahari secara sempurna, berfoto di Bukit Jaddih sangat cocok untuk mengisi feed Instagram-mu, lho. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, di tempat wisata yang dulunya merupakan bekas peninggalan Belanda ini kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000,

  1. Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Kapur Arosbaya – Foto: pegipegi.com

Masih kurang dengan panorama Bukit Jaddih? Tenang, masih di Kabupaten Bangkalan, kamu juga bisa mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya. Berjarak sekitar 30 Km dari Bukit Jaddih, Bukit Kapur Arosbaya menawarkan eksotisme bekas penambangan kapur tulis yang sudah lama tidak aktif. Tiap sisi bukit yang dipahat secara tidak beraturan justru memberikan keunikan tersendiri. Selan itu, disini kamu akan disuguhkan nuansa bukit yang merah merona layaknya ngarai-ngarai yang ada di Amerika.

Di bukit kapur yang beralamat di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya ini kamu bisa menikmati keindahan perbukitan nan artistik. Tinggi menjulang dan terdapat gua-gua kecil di dalamnya menambah keunikan untuk berfoto ria disini. Nah, sama seperti wisata sebelumnya, kamu hanya perlu membayar tiket masuk bukit kapur arosbaya yang juga dikenal bukit Pelalangan ini sebesar Rp 10.00 dengan jam operasional setiap hari pukul 09.00 – 17.00.

  1. Bukit Tinggi Daramista
Bukit Tinggi Daramista
Bukit Tinggi Daramista – Foto: dakatour.com

Surga wisata alam selanjutnya yang dijamin memberi kesan tak terlupakan saat kamu kelayapan di Madura adalah Bukit Tinggi Daramista. Berlokasi di Daramista, Lenteng, Kabupaten Sumenep, Bukit Tinggi Daramista bisa kamu kunjungi dengan hanya membayar tiker sebesar Rp 5.000. murah meriah bukan.

Menawarkan kesejukan udara, bukit ini memeiliki wahana cantik yang terkenal dengan rumah pohon uniknya. Terbuat dari kayu-kayu yang tak banyak diolah lagi, rumah pohon di Bukit Tinggi daramista nampak sangat natural dan artistik. Tak hanya itu, disini kamu juga akan memenukan spot-spot foto yang instagrammable serta wahana flying fox yang bisa menantang adrenalinmu.

  1. Air Terjun Toroan
Air Terjun Toroan
Air Terjun Toroan – Foto: jejakpiknik.com

Sebagai satu-satunya air terjun yang ada di Madura, Air Terjun Toroan sangat layak untuk kamu kunjungi saat kelayapan di kota asalnya budaya kerapan sapi ini. Perpaduan yang menawan antara air terjun dan pantai yang berlokasi di Desa Ketapang Jaya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang ini menawarkan panorama yang indah serta kesegaran airnya yang sulit ditandingi.

Dijamin kamu akan enggan melewatkan matahari sore saat berada di Air Terjun Toroan. Bebatuan, gemercik air terjun, dan hamparan pasir putih sekelilingnya menambah keunggulan tempat wisata yang buka mulai pukul 06.00 sampai 18.00 sore ini. Jika kamu tak mau melewatkan wisata alam yang satu ini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000 untuk menikmati ciptaan Tuhan yang mengesankan ini.

Baca juga: Trenggalek Kota Tema Hati, Kelayapan Ke 10 Tempat Wisatanya Yuk!

  1. Gili Labak
Gili Labak
Gili Labak – Foto: nativeindonesia.com

Di samping terkenal dengan wisata perbukitannya, Madura juga memiliki wisata alam berupa pantai. Berada di sebelah timur Pulau Madura, Gili Labak masih masuk dalam tempat wisata milik Madura. Biasanya, Gili Labak selalu dikunjungi para backpacker yang melakukan open trip. Tak heran, karena di Gili Labak menyuguhkan panorama pantai dan laut nan indah.

Hamparan pasir putih dan warna air laut yang biru jernih menambah keelokan Gili Labak. Meskipun demikian, tempat wisata ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang berada di luar Pulau Madura sehingga perlu tambahan usaha untuk menuju kesana.

Selain itu, wisata yang masuk dalam Kabupaten Sumenep ini juga mematok tiket masuk lebih mahal daripada wisata-wisata sebelumnya di atas, yaitu sebesar Rp 80.00. Kamu tak perlu khawatir, tarif dan usaha lebih yang kamu keluarkan dijamin akan terbayar dengan keindahan Gili Labak.

  1. Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu – Foto: pojoksuramadu.com

Sebagai jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 434 meter ini wajib kamu sambangi saat kelayapan di Madura. Rugi sekali jika kamu tak berhenti di jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau madura ini untuk sekedar berfoto maupun menikmati suasananya.

Terdiri dari 3 bagian, yaitu jembatan penghubung, jembatan utama, dan jembatan layang, Jembatan Suramadu ini memiliki pemandangan yang cukup menarik. Berada di Selat Madura, kamu akan merasakan sensasi seperti terbang saat berdiri di tepinya.

Di jembatan ini juga kamu bisa melihat penampakan patung Jalesveva Jayamahe, Pantai Kenjeran, serta kapal-kapal yang melintas di Selat Madura. Saat malam tiba, pemandangannya pun tak kalah cantik, lho, lampu-lampu yang menyala di jembatan membuat suasana makin berkesan.

  1. Puncak Ratu
Puncak Ratu
Puncak Ratu – Foto: pigunigu.com

Berada di kabupaten yang terkenal akan Api Abadinya, yaitu Kabupaten Pamekasan, Puncak Ratu merupakan tempat wisata yang baru beroperasi pada akhir tahun 2018. Lokasinya yang berada di dataran tinggi bisa membuat kamu menikmati pemandangan Madura secara luas. Puncak Ratu menyajikan keindahan alam yang eksotik, yaitu paduan antara alam yang hijau dan suasana yang asri nan sejuk.

Destinasi wisata yang berada di ketinggian sekitar 800 mdpl ini bisa jadi alternatif tempat berwisata buat kamu yang lahi kelayapan di Madura. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 untuk tiket masuk, kamu sudah bisa mengabadikan momen-momen berkesan disini bersama sahabat atau kekasihmu. Eits, tidak hanya itu, di Pucak aratu juga kamu bisa menikmati buah durian saat sedang musimnya.

  1. Gili Iyang
Gili Iyang
Gili Iyang – Foto: idntimes.com

Kamu akan terkejut dengan fakta yang menunjukan bahwa Gili Iyang sebagai salah satu tempat wisata di Kabupaten Sumenep ini merupakan pulau dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania. Dengan kadar oksigen sebesar 21,5% kamu akan merasakan udara yang begitu segar dan tentunya sehat. Tak hanya itu, disini kamu juga akan disuguhkan hamparan pasir, batu karang pantai, dan cahaya matahari terbenam yang elok.

Untuk bisa menikmati tawaran Gili Iyang tersebut, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 40.000 dengan jam operasional 24 jam. Apabila kamu masih belum puas dengn Gili Iyang, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lain yang ada di sekitarnya, seperti gua-gua di tepi pantai Gili Iyang.

baca juga: 10 Tempat Menginap Di Berbagai Puncak Buat Para Pendaki

  1. Pantai Sembilan, Gili Genting
Pantai Sembilan, Gili Genting
Pantai Sembilan, Gili Genting – Foto: travelingyuk.com

Ini dia tempat wisata lain di Madura yang tarif masuknya murah meriah lagi, ya, wisata tersebut adalah Pantai Sembilan yang ada di Gili Genting, Sumenep. Cukup membayar Rp 5.000 saja kamu bisa tersihir keindahan yang ditawarkan Pantai Sembilan yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, lho. Pantai ini disebut Sembilan karena pada salah satu sisinya membentuk angka 9 apabila dilihat dari atas.

Meskipun untuk menuju pantai ini harus menyeberang dari Pulau Madura, di Pantai Sembilan kamu akan dibayar akan keelokan panoramanya. Terdapat beberapa spot foto yang instagenic, seperti ayunan dan gazebo, kamu akan percaya diri untuk mempostingnya di instagram. Tak cuma berfoto di daratannya, kamu juga bisa mengambil momen saat bersnorkeling di bawah laut indah Pantai Sembilan.

10. Kapal Jodoh

Kapal Jodoh
Kapal Jodoh – Foto: foto.bisnis.com

Di Kabupaten Pamekasan, kamu akan menjumpai tempat wisata unik yang sayang jika dilewatkan bersama pasangan atau sahabat. Wisata tersebut adalah Kapal Jodoh. Terletak di bibir Pantai Lon Malang, Kapal Jodoh merupakan sebuah kafe yang menyajikan makanan ringan dan minuman dengan nuansa  pemandangan pantai yang indah.

Sesuai dengan namanya, kafe ini berbentuk kapal besar yang dipenuhi lampu-lampu dan bunga. Pada beberapa spot di Kapal Jodoh, kamu akan menemui area kamar janda, kamar duda, istana cinta, kamar si jomblo, dan kamar istri muda. Jika kamu memutuskan untuk mengunjungi Kapal Jodoh, waktu yang paling tepat adalah saat sore hari. Kamu bisa menikmati kudapan sambil memandangi sunset yang indah.

Nahh, itulah 10 tempat wisata di Madura yang punya kesan tak terlupakan. Saat kelayapan di Madura maka kamu wajib mengunjungi satu atau beberapa tempat tersebut. Selain relatif murah, wisata-wisata tersebut juga sangat cantik untuk menjadi background foto-fotomu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *