Kelayapan ke 10 Tempat Wisata Di Sragen Yang Hits Dan Populer

Kelayapan ke 10 Tempat Wisata Di Sragen Yang Hits Dan Populer

Jawa Tengah memiliki potensi alam yang luas. Jika berbicara tentang tempat wisata di Jawa Tengah, pasti yang telintas di pikiran kita adalah Solo, Semarang, Jogjakarta, dan lain-lain. Kota-kota tersebut memang memiliki destinasi wisata yang terkenal. Memang banyak wisatawan yang berkunjung di tempat-tempat tersebut untuk menikmati suasana alam maupun wisata wahana.

Tak hanya kota-kota tersebut, Jawa Tengah juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Sragen. Sragen adalah Kabupaten yang terletak di Jawa tengah. Sragen memiliki keindahan alam bak surga, tapi tempat ini masih jarang dikenal banyak wisatawan. Walaupun belum banyak dikenal, namun keindahan alamnya jangan diragukan lagi. Selain keindahan alam yang masih asri, Sragen memiliki destinasi wisata lain seperti air terjun, museum, hingga wahana air juga tersedia di Sragen.

14 Tempat Jalan – Jalan Malam Yang Estetik di Kota Surabaya

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Sragen

Jika kamu berlibur mengunjungi Sragen, jangan khawatir akan keindahan alamnya. Kabupaten Sragen memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang menarik. Kota tersebut mempunyai wisata alam yang tidak mengecewakan untuk dikunjungi. Langsung saja kita bahas, berikut ini 10 tempat wisata di Sragen yang hits dan populer:

  1. Gunung Kemukus
gunung kemukus
gunung kemukus-foto:jogja.tribunnews.com

Destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi di Sragen adalah Gunung Kemukus. Gunung ini terletak di  Dusun Soko, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tempat ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Gunung Kemukus memiliki keindahan panorama alam pegunungan yang rimbun dan hawa sejuk yang memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya. Wisata Gunung Kemukus memberikan daya tarik bagi pengunjungnya.

Di atas bukit terdapat bangunan kuil yang sangat dihormati oleh masyarakat setempat khususnya penganut agama Buddha. Konon katanya bangunan kuil tersebut dibuat oleh Pangeran Samudra, salah satu keturunan Raja Majapahit.

  1. Ganesha Technopark
ganesha technopark
ganesha technopark-foto:ihategreenjello.com

Ganesha Technopark terletak di Jl. Dr. Soetomo, Sragen, Jawa Tengah. Tempat wisata ini ramai dikunjungi pada musim liburan ataupun hari biasa. Wisata Ganesha Technopark memiliki daya tarik keindahan alam dan pemandangan yang bagus. Jika kamu berkunjung ke tempat ini pasti tidak akan menyesal karena keindahan alamnya tidak ada duanya.

Ganesha Technopark merupakan balai pusat penelitian dan pelatihan kerja bersertifikasi milik Pemerintah Kabupaten Sragen. Penelitian dan pelatihan kerja ini khususnya untuk memudahkan akses lembaga peneliti dan akademisi.

  1. Waduk Kedung Ombo
waduk kedung ombo
waduk kedung ombo-foto:jateng.tribunnews.com

Waduk Kedung Ombo adalah tempat wisata yang menyajikan bendungan raksasa seluas 6.576 Ha. Waduk ini sangan luas hingga mencapai 3 wilayah kota, salah satunya kota Sragen. Waduk ini juga digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air dan juga sebagai sistem pengairan di Jawa Tengah.

Selain tempatnya yang luas, waduk ini memiliki pemandangan hijau yang rindang dipenuhi pohon-pohon. Pengunjung juga disuguhkan pemandangan hamparan air yang luas dari ketinggian beserta panorama alam hijau yang sangat menawan.

Selain keindahan Waduk, tempat wisata ini juga mempunyai spot unik yaitu Kedung Cinta. Tempat ini menjadi hits dan booming di kalangan muda-mudi karena memang spotnya unik terdapat bentuk love yang besar berwarna merah sangat cocok untuk foto-foto hits.

  1. Museum Fosil Sangiran
museum sangiran
museum sangiran-foto:regional.kompas.com

Museum Sangiran dikenal dengan museum manusia purba. Museum ini merupakan objek wisata yang menarik untuk penelitian pra sejarah yang terlengkap di Asia, bahkan dunia. Di museum ini terdapat pola kehidupan manusia purba yang lengkap.

Museum ini sangat berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoantrhopologi. Di situs Sangiran juga pertama kali ditemukan fosil rahang Pithecanthropus erectus oleh arkeolog Jerman. Museum ini terletak di Desa Krikilan, Kalijimbe, Sragen.

  1. Kedung Grujug
kedung grujug
kedung grujug-foto:lifestyle.okezone.com

Wisata di Sragen selanjutnya adalah Kedung Grujug. Tempat wisata ini menawarkan keindahan air terjun yang menawan. Pesona air terjun Kedung Grujug tidak akan mengecewakan pengunjung yang datang. Air dingin yang mengalir deras menambah hawa sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk relaksasai. Selain udaranya yang sejuk juga dipenuhi pohon-pohon yang rindang.

Meski kolam pada air terjun ini tdak terlalu luas, namun disekeliling kolam terdapat tebing kapur yang rendah. Tebing ini sangat unik karena membentuk relief yang terbentuk dari gerusan air.

10 Cemilan Khas Ngawi Yang Cocok Buat Oleh – Oleh yang Awet Sampai Rumah  

  1. Wisata Alam Betisrejo

Nama Betisrejo diambil dari gabungan 3 nama desa, yaitu desa Jambeyan, desa Betis, dan desa Sukorejo. Tempat wisata ini masih memiliki suasana pedesaan yang asri.

Di tempat ini terdapat perkebunan, perbukitan, dan persawahan yang menjadikan tempat wisata ini sangat asri dan sejuk. Jika berkunjung kesini, kamu juga berkesempatan langsung untuk belajar mengolah pertanian sehat (organic) yang alami.

Tempat wisata ini juga menyediakan homestay dengan harga yang terjangkau, jika kamu ingin menikmati suasana pedesaan lebih lama. Tak hanya itu, tempat ini dilengkapi dengan pemandian air panas, wisata kuliner, pijat tradisional, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata Alam Betisrejo adalah paket lengkap untuk meluangkan waktu dari penatnya pekerjaan. Tempat ini sangat cocok untuk membantu relaksasi diri.

  1. Air Terjun Dung Jengglong
air terjun dung jengglong
air terjun dung jengglong-foto:lifestyle.okezone.com

Air terjun dung jengglong berlokasi di Kec. Miri, Kab. Sragen. Air terjun ini sangat eksotis karena memiliki warna air yang jernih dan sedikit kehijauan. Segarnya air di air terjun ini jangan diragukan lagi.

Air terjun ini juga termasuk salah satu air terjun yang paling indah di Kabupaten Sragen. Air terjun dung jengllong memiliki ketinggian 4 meter dan lebar kurang lebih 7 meter.

  1. Pemandian Air Panas Bayanan
pemandian air panas bayanan
pemandian air panas bayanan-foto:timlo.net

Pemandian air panas bayanan, dulunya dikenal sebagai tempat tetirah orang kaya Belanda. Pada tahun 1978, tempat ini direnovasi oleh Pemerintah Indonesia kemudia dijadikan sebagai tempat wisata.

Wisata pemandian air panas bayanan dikenal dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, gatal-gatal, dan lainya. Selain itu pemandian air panas bayanan juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol, memulihkan tubuh, meningkatkan kebugaran, dan menyebabkan awet muda. Tempat ini berlokasi di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

  1. Gunung Banyak
gunung banyak
gunung banyak-foto:dakatour.com

Gunung Banyak dinamai oleh masyarakat setempat “Gunung Banyak” karena puncaknya yang mengudak-unda sehingga seperti barisan gunung.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang gemar foto-foto. Latar belakang areal pegunungan yang dipenuhi pepohonan rindang dan bebatuan sangat cocok untuk berburu foto alam ria. Gunung Banyak berlokasi di Area Desa Srawung, Kec. Gesi, Kab. Sragen.

  1. Wisata Batik Dewi Arum Kliwonan
wisata batik dewi arum
wisata batik dewi arum-foto:tempatwisatasragen.blogspot.com

Tempat wisata batik dewi arum kliwonan berlokasi di Area Sawah, Desa Kliwonan, Kec. Masaran, Kab. Sragen. Kabupaten Sragen memiliki pengrajin batik yang menggunakan tenun. Di tempat ini tersedia bebagai jenis batik dari harga yang terjangkau hingga batik sutera yang dibandrol dengan harga sangat mahal.

Di tempat ini kamu dapat melihat proses pembuatan batik dari awal hingga jadi. Selain itu kamu juga bisa berkreasi sendiri membuat batik yang diajari oleh ahlinya secara langsung.

Itu Dia beberapa tempat wisata di Sragen yang wajib untuk kamu kunjungi. Di Sragen tersedia banyak wisata alam yang tak kalah menarik untuk liburan. Jangan lupa kelayapan kesana, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *