10 Tempat Wisata yang Menarik di Kota Jember

10 Tempat Wisata yang Menarik di Kota Jember

Kabupaten Jember, terletak di bagian timur provinsi Jawa Timur ini memiliki pesona yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Sebagian wilayah yang didominasi oleh area pertanian dan pegunungan ini memiliki area pantai juga loh. Berbagai macam pantai yang berjajaran akan membuat kamu ketagihan untuk datang ke Jember lagi. Bahkan uniknya laut indah Jember langsung berbatasan dengan samudra Hindia lho. Bayangkan betapa indahnya laut yang ada di Jember ini!

Jember Dan Daya Tariknya

Jika kelayapan ke Jember, kamu juga bisa mengeksplorasi berbagai keindahan alamnya. Berada di daerah tapal kuda, Jember berbatasan langsung pegunungan yang eksotis. Dengan bagian timur yang terdiri pemandangan dari dataran di gunung Ijen.

Jember terkenal sebagai penghasil tembakau utama di Indonesia. Membuat liburanmu tidak hanya untuk bersenang-senang semata, melainkan kamu bisa belajar dari tempat yang kamu kunjungi ini. Selain itu, Jember juga terkenal karena agenda internasional tahunan Jember Fashion Carnaval. Hmm, sangat puas deh kalau kamu mengunjungi Jember.

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Di Jember

Untuk kamu yang ingin kelayapan ke Jember, kami memilki rekomendasi 10 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ini. Dan dijamin kamu akan selalu ketagihan dan rindu untuk kembali menikmati suasana di kota Jember ini.

  1. Teluk Love Pantai Payangan
Teluk Love Pantai Payangan
Teluk Love Pantai Payangan – Foto : travel.kompas.com

Bagi kamu yang suka keindahan pantai yang dibalut dengan pendakian yang menyenangkan. Teluk Love di Pantai Payangan ini sangat rekomended untuk kamu. Menikmati gemuruh ombak air laut bisa langsung kamu rasakan saat tiba ditempat ini.

Pantai dengan ribuan pesona tersebut terbagi menjadi tiga bagian, untuk bagian pertama adalah kawasan pantai nelayan. Bagian kedua adalah bebatuan karang dan bagian ketiga adalah sisi terluasnya yang berada di sisi utara.

Jika kamu ingin melihat keindahan bentuk love yang istimewa, kamu dapat menaiki bukit dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Dan dijamin lelah kamu akan terbayarkan dengan melihat bentuk hati yang indah dari ketinggian.

Pantai dengan pasir bewarna hitam di Jember ini sangat indah lho, meski begitu warna hitam pada pasirnya tidak akan mengurangi pesona keindahan pantai ini. Dengan area yang luas tadi kamu bisa mendirikan tenda untuk camping dan berbagai acara lainnya dengan kesejukan angin laut.

Teluk Love dan Pantai Payangan bisa kamu temui ditempat yang sama yaitu di Sumberrejo, Ambulu, Jember. Pantai ini buka setiap harinya selama 24 jam dengan tidak dipungut biaya masuk. Kamu hanya dikenakan biaya parkir saja sebesar Rp 5.000,00 rupiah. Dan perlu kamu ketahui, akses jalan dari arah kota ke pantai ini pun sangat mudah tanpa jalan berbelok-belok dan naik dengan tajamnya.

  1. Pantai Tanjung Papuma
Pantai Tanjung Papuma
Pantai Tanjung Papuma – Foto : travel.kompas.com

Pantai yang populer di Jember lainnya ini adalah pantai Tanjung Papuma. Pantai dengan pasir putihnya ini bisa kamu nikmati keindahannya, ditambah adanya jejeran karang membuat mata kamu akan dimanjakan dengan keindahannya.

Pantai dengan keindahan luar biasa ini  memiliki ombak yang tenang dan pesisir yang luas. Menjadikan kunjungan kamu tidak sia-sia. Saat keadaan air pantai yang surut, kamu bisa menemukan Goa Lawa. Goa yang dipercaya sebagai tempat putri penguasa laut selatan ini juga dipercaya sebagai tempat bertapa Kyai Mataram.

Pantai Tanjung Papuma ini merupakan masuk sebagai deretan salah satu pantai terindah yang ada di Jawa Timur, lho. Dengan pesona yang luar biasa kamu tidak akan pernah bosan untuk selalu berkunjung ke pantai ini.

Pantai Tanjung Papuma ini berlokasi di Lojejer, Wuluhan, Jember. Buka setiap harinya selama 24 jam kamu akan dikenai biaya dengan tiket masuk sebesar Rp15.000,00 saja ketika berkunjung ke tempat ini.

  1. Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo – Foto : tripadvisor.com

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pesona dengan baru besar ditengah laut yang memilki bentuk seperti ulo (bahasa Indonesi : ular). Pantai dengan pasir hitam ini tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Melihat bentuk batu ular ditengah laul dengan ketinggian bukit, akan membuat takjub mata kamu.

Dengan pesisir pantai yang luas kamu bisa bermain dengan puas saat berkunjung ke pantai ini. Sambil menikmati keindahannya kamu juga bisa berbelanja berbagai souvenir yang berasal dari kerajinan bahan dari hasil laut lho.

Jika kamu datang ke tempat ini setelah hari raya lebaran, kamu akan menemukan upacara adat yang ada disini. Masyarakat akan melakukan prosesi persembahan dengan melarung sesaji ke tengah laut sebagai tanda bukti syukur mereka terhadap alam.

Letak yang sejajar dengan pantai Tanjung Papuma ini bisa kamu nikmati sekaligus loh. Lebih tepatnya terletak di Sumberrejo, Ambulu, Jember, buka setiap harinya selama 24 jam dengan tiket masuk sebesar Rp7.500.

  1. Pantai Puger
Pantai Puger
Pantai Puger – Foto : wongjember.com

Pantai yang tidak kalah dengan pesona indahnya yang memanjakan mata ini. Memiliki penampakan yang sangat menajubkan. Pantai ini memiliki ombak yang tinggi, sehingga kamu yang berkunjung harus berhati-hati selalu ya. Jangan terlena dengan keindahan yang disuguhkan, tapi kamu juga harus menjaga keselamatan kamu.

Kawasan dengan gudangnya ikan laut ini akan memuaskan kamu yang suka dengan hasil tangkap dari nelayan. Tak hanya itu, lokasi ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi memancing. Karena disediakannya spot memancing yang akan bikin kamu betah berkunjung ketempat ini.

Kamu juga bisa menaiki perahu nelayan dengan menyewanya loh, menikmati pantai lepas serta kamu bisa melihat Cagar Alam Puger Watangan yang ada di pantai ini.

Terletak di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, pantai ini bisa kamu kunjungi mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Jika kamu kesini akan dikenai biaya masuk yang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000,00 rupiah saja per orangnya.

  1. Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak – Foto : travel.detik.com

Destinasi liburan lainnya yang masih berbau air lainnya di Jember ini adalah air terjun Tancak. Air terjun yang tak kalah dengan pesona Jember lainnya ini, menyuguhkan air terjun murni dari pegunungan Argopuro.

Memiliki ketinggian kurang lebih 82 m, lokasi wisata ini memiliki lintasan yang aman untuk pengunjung seperti kamu. Melewati hutan yang terjal dan dikelilingi pepohonan rindang akan melengkapi perjalanan kamu saat menuju air terjun ini.

Air terjun Tancak ini terletak di Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Dengan harga tiket yang gratis, kamu tidak akan pernah merasa rugi mengikuti perjalanan ke lokasi wisata yang sangat terkenal ini.

  1. Muara Mangrove Getem
Muara Mangrove Getem
Muara Mangrove Getem – Foto : ayoberkunjung14.blogspot.com

Wisata edukatif mangrove ini merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Memiliki tempat dari rawa alami seluas 2 hektar, dilengkapi dengan bebatuan, pasir, dan terumbu yang akan memikat mata kamu, keindahan ini disajikan dalam bentuk hutan di muara sungi yang berupa teluk.

Kamu dapat menikmati berbagai fasilitas dan permainan yang disediakan ditempat ini seperti, tubing mangrove, river tubing, hommomacking, dan gembok cinta. Menawarkan pesona alami hutan dengan panorama sunrise ataupun sunset yang indah setiap harinya.

Dibuka setiap hari selama 24 jam, kamu dapat mengunjungi wisata ini yang berlokasi di Mojomulyo, Puger, Jember, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 saja.

 

  1. Puncak Rembangan
Puncak Rembangan
Puncak Rembangan – Foto : telusurjember.com

Berada di pegunungan, puncak Rembangan ini sangat rekomended untuk kamu. Akses jalan yang mudah akan membuat asik perjalanan kamu. Menikmati pemandangan alam dari ketinggian ini sangat memanjakan mata dan menghilangkan kepenatan kamu pastinya.

Udara khas pegunungan yang sejuk dapat kamu jumpai disetiap perjalanan menuju puncak ini. Berketinggian 659 mdpl ini, memiliki berbagai tempat wisata yang dapat kamu kunjungi.

Puncak Rembangan ini juga terdapat hotel dan pemandian yang seru loh, lapangan hijau tempat bersantai dengan wahana permainan disekitarnya juga akan melengkapi liburan kamu. Pastinya kamu bisa menikmati itu semua dengan menyantap berbagai khas menu Jember yang disediakan ditempat ini.

Apabila malam hari kamu berkunjung ke puncak ini, kamu akan disuguhkan pemandangan indah dengan gemerlap lampu yang ada di wilayah Jember ini. Pastinya dengan menikmati seporsi es kelapa asli dan bakso kabut akan melengkapi malam romantis kamu.

Terletak di Kemuning Lor, Arjasa, Jember ini buka 24 jam setiap harinya dengan harga tiket terjangaku Rp7.500 saja kamu sudah bisa menikmati fasilitas dan pemandangan indah yang ada.

  1. Gunung Kapur Jember
Gunung Kapur Jember
Gunung Kapur Jember – Foto : m.fimela.com

Objek wisata yang satu ini menawarkan pesona gunung kapur yang sangat menajubkan. Meski belum dikelola resmi oleh pemerintah, namun wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika kamu mencari spot foto yang instagramable, kamu bisa mengambil foto berlatar belakang gunung kapur yang luas dan fotogenik tentunya.

Gunung ini terletak di Grenden, Puger, Jember, yang buka setiap harinya selama 24 jam. Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dikenai biaya apapun alias gratis lho. Namun kamu harus berhati-hati saat berkunjung, karena untuk mencapai puncaknya gunung ini memiliki trek yang cukup sulit.

  1. Kebuh Teh Gunung Gambir
Kebuh Teh Gunung Gambir
Kebuh Teh Gunung Gambir – Foto : wisatamantap.com

Pesona kebuh teh di dataran tinggi ini menjadi destinasi yang sedang populer di Jember. Terletak diketinggian 600-1000 mdpl, lokasi wisata ini bisa kamu nikmati dengan pesona kebun teh yang sejuk disepanjang jalannya.

Dengan fasilitas yang cukup lengkap, kamu bisa bersantai di hammock yang dikaitkan di pohon, berkemah, joging, bersepeda, dan lain-lain. Jika kamu ingin menginap, diwilayah kebuh teh ini juga disediakan tempat penginapan, pondokan dan vila dengan harga terjangkau tentunya. Untuk kamu yang suka berenang, tempat ini juga menyediakan kolam renang yang pastinya sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Wisata Kebuh Teh Gunung Gambir ini terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember yang buka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore. Dengan membayar tiket masuk Rp 5.000,00 sebagai biaya parker, harga masuk tempat wisata ini sangat terjangkau untuk menikmati pemandangan yang indah.

  1. Museum dan Perpustakaan Tembakau
Museum dan Perpustakaan Tembakau
Museum dan Perpustakaan Tembakau – Foto : backpackerjakarta.com

Setelah berkunjung ditempat wisata yang menyenangkan pastinya, jangan tinggalkan tempat yang satu ini. Setelah menikmati keindahan alamnya, kamu bisa belajar tembakau yang menjadi ikon kabupaten Jember ini.

Museum ini merupakan tempat bersejarah yang dipenuhi dengan foto, literatur, serta beragam peralatan yang berhubungan dengan tembakau. Mulai dari mesin pencacah, mesin pemotong, hingga miniatur bangunan beratapkan jerami yang digunakan sebagai lokasi pengeringan tembakau yang baru dipanen.

Memiliki berbagai informasi yang relevan, kunjungan kamu ke museum ini bisa menambah wawasan kamu tentang tembakau. Belajar sambil berwisata sangat menyenangkan, selain mengetahui hal baru kamu akan dibuat takjub dengan isi museum ini. Tentunya mengetahui hasil produk dari tembakau ini.

Berada dipusat kota, museum ini sangat mudah untuk kamu akses. Tempat wisata yang terletak di Jalan Kalimantan no. 1, Jember ini buka setiap hari Senin-Jumat sekitar jam 9 pagi sampai jam 5sore.

Itulah daftar kunjungan untuk berwisata ke Jember, 10 tempat wisata yang jangan sampai kamu lewatkan. Berwisata sambil belajar akan menambah wawasan kamu lho. Selain itu, banyak sekali wisata air maupun pegunungan yang terletak secara berdekatan.

Jadi kamu bisa memuaskan kunjungan kamu ke Jember selama beberapa minggu. Pastinya banyaknya destinasi wisata di sana, tidak akan cukup waktu kamu hanya beberapa hari mengunjunginya. Mari berwisata ke kota Jember!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *