4 Rekomendasi Transportasi Untuk Kamu Yang Ingin Berkeliling Di Surabaya

4 Rekomendasi Transportasi Untuk Kamu Yang Ingin Berkeliling Di Surabaya

Berkeliling menikmati indahnya kota, tentunya sedikit banyak akan menambah biaya perjalanan liburanmu. Kenapa demikian ? Untuk mencapai destinasi wisata, kamu harus menggunakan berbagai moda transportasi yang tentunya tidak efisien dan relatif menguras kantong. Namun, hal itu tidak berlaku apabila kamu berlibur di Kota Surabaya.

Surabaya sendiri adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang memilki sarana tranportasi publik terbaik. Jaringan transportasi umum yang luas meliputi seluruh area Kota Surabaya, sehingga kamu bisa mencapai area mana pun di Surabaya hanya dengan bantuan sarana transportasi lokal.

Berikut kami rekomendasikan sarana transportasi lokal di Kota Surabaya, dengan kelebihan dan kekurangan di dalamnya

1. Suroboyo Bus

Suroboyo Bus
Suroboyo Bus – Foto : Surabayabisnis.com

Menggunakan Suroboyo Bus adalah cara yang paling efisien dan cepat untuk berkeliling di Kota Surabaya. Turis asing pun tidak akan kebingungan ketika menggunakan Suroboyo Bus karena sebagian besar bis sudah ada tanda dalam bahasa Inggris bahkan bahasa jawa.

Ada 2 jenis Suroboyo Bus , bis tumpuk dan bis abang (merah) yang memiliki rute berbeda. Bis merah melakukan perjalanan dari Surabaya Selatan atau dari Terminal Bungurasih menuju Surabaya Utara yaitu di halte Rajawali lalu kembali lagi.

Bis Tumpuk melakukan perjalanan dari Surabaya Timur atau dari Merr menuju Surabaya Barat yaitu halte Universitas Negeri Surabaya Lidah lalu kembali lagi.

Berwisata ke 10 Pantai Terindah di Jawa Timur Yuk!

Bis-bis ini memberi para wisatawan cara yang menyenangkan dan murah untuk berkeliling dan menjelajahi kota Surabaya. Naik bis di Surabaya selama jam kerja bukanlah ide yang bagus karena penumpang yang dibatasi dan selalu ramai.

Jam Operasional : Selama masa New Normal ini jam operasional Suroboyo Bus berubah dari Jam 6 pagi sampai jam 7 malam untuk rute Utara ke Selatan dan sebaliknya. Untuk rute Barat ke Timur jam 6 pagi sampai jam 5 sore dan sebaliknya.

Jadwal bis: 15 sampai 20 menit

Tarif bis : karena Suroboyo bis menerapkan konsep bebas polusi, makan pembayaran tari bis menggunakan sampah plastik. Sedangkan sampah plastik yang dapat digunakan untuk membayar diantaranya 10 gelas plastik, 5 botol air mineral sedang atau 3 botol air mineral ukuran 1,5 liter.

Catatan : Bagi kamu yang tidak memiliki botol, kamu bisa membeli di warung-warung di sepanjang Terminal Purabaya. Dengan harga sekitar 4 ribu rupiah. Jika kamu bepergian dengan sepeda, kalian bisa meletakkannya di tempat sepeda yang ada di depan bis. Kamu bisa mengunduh aplikasi GoBis di Playstore untuk mengetahui posisi terdekat Suroboyo bis.

2. Kereta Komuter

Kereta Komuter
Kereta Komuter – Foto : Id.wikipedia.org

Menggunakan kereta komuter adalah cara cepat, nyaman, dan murah untuk menuju titik-titik penting di Surabaya. Kereta Komuter memiliki jalur operasi dari Tanggulangin, Sidoarjo hingga Surabaya.Kereta Komuter juga memiliki tanda-tanda yang jelas dan peta terperinci dalam bahasa Inggris di dalam keretanya. Hal seperti ini cukup memudahkan kamu untuk memperkirakan waktu perjalanan kamu dari titik awal ke tujuan. Karena biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk melakukan perjalanan antara stasiun satu dengan lainnya.
Kamu hanya perlu membayar 6 ribu rupiah saja. Kamu bisa mendapatkan tiketnya melalui aplikasi KAI Acces atau bisa langsung kamu beli di stasiun.

10 Ragam Kuliner Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba Ketika Traveling

Jam Operasional Komuter : umumnya mulai dari jam setengah 5 pagi dari Tanggulangin hingga set 9 malam dari Surabaya, dan sebaliknya.

Jadwal kereta Komuter : Setiap 2 jam sekali.

Tarif kereta Komuter : jauh dekat 5 ribu rupiah saja.

3. Bis Wisata Surabaya

Bis Wisata Surabaya
Bis Wisata Surabaya – Foto : Bisniswisata.co.id

Sama seperti kota besar lainnya, Surabaya memiliki bis wisatanya sendiri yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di kotanya.

Bis Wisata Surabaya ini adalah pilihan ideal bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh kehidupan kota beserta kuliner bersejarahnya.

Kamu hanya perlu membayar 7500 rupiah per orang saja untuk mengantarkanmu ke objek wisata yang ada di Surabaya. Bis Wisata Surabaya memiliki dua jenis kunjungan wisata. Yang pertama wisata museum dengan rute ke tempat bersejarah di kota seperti Balai Pemuda, dilanjutkan ke Balai Kota, lalu ke Museum Surabaya, berlanjut kembali ke Museum 10 November, serta mampir ke Museum Kesehatan, Museum Bank Indonesia, Jembatan Merah Plaza, dan selesai ke Balai Pemuda.

Lalu wisata maritim dengan rute Balai Pemuda, lalu berlanjut ke Balai Kota, Monumen Kapal Selam, Pantai Kenjeran, Sentra UKM Merr, dan perjalanan selesai di Balai Pemuda.

Jam Operasional Bus Wisata Surabaya : Wisata museum setiap hari Selasa, Sabtu dan Minggu, jam 9 pagi sampai 2 siang. Dan wisata maritim minggu kedua dan keempat di jam yang sama dengan wisata museum.

Tarif Bis Wisata : 7500 rupiah saja.

4. Transportasi Online

Transportasi Online
Transportasi Online – Foto : grid.id

Bepergian di Surabaya menggunakan transportasi online tidaklah hemat. Namun dengan adanya transportasi online bisa membawa kamu ke mana saja, kapan saja dan menyelamatkan kamu dari kesulitan menunggu transportasi lokal.

Jika kamu ingin menggunakan taksi online maupun ojek online tanpa ada masalah, jangan menggunakan layanan ini ketika jam sibuk atau hujan (ini untuk ojol motor). Karena kamu akan menghadapi kemacetan jalan kota Surabaya ditambah lagi ramainya pengguna dibanding jumlah driver.

Ada tiga jenis transportasi online yang ada di Kota Surabaya : taksi online ukuran standar (maksimal penumpang 4 orang), taksi online ukuran L (maksimal penumpang 6 orang), dan ojek online sepeda motor (satu orang saja )
Transportasi online yang ada di Surabaya dirancang untuk memudahkan akses transportasi warga agar mampu menjangkau lokasi yang transportasi umum tidak bisa capai.

10 Lokasi Tempat Wisata Jawa Timur Yang Jarang Dikunjungi, Penasaran?

Tarif transportasi online tentunya jelas beragam dan berbeda sesuai jarak yang kamu tempuh. Menggunakan taksi online sangat cocok untuk wisatawan kelompok yang terdiri dari 4 hingga 6 orang, karena biaya yang kamu keluarkan tentunya lebih hemat.

Semua aplikasi transportasi online di Surabaya sudah memiliki layanan darurat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kalian berlibur. Dan kebanyakan dari mereka menerima dompet digital untuk pembayaran.
Transportasi online dapat kami temukan di mana saja di Kota Surabaya , atau di sekitar pusat perbelanjaan dan pusat keramaian.

Tarif Transportasi Online :
– Taksi online ukuran biasa : 10 sampai 12 ribu per 2 km pertama.
– Taksi online ukuran L : 15 ribu sampai 18 ribu per 2 km pertama.
– Ojek Online : 6 ribu sampai 8 ribu per 2 km pertama.

Jam Operasional Transportasi Online : 24 jam

Catatan : Carilah promo-promo menarik yang ada di aplikasi agar kalian bisa mendapat harga relatif murah. Dan yang perlu kamu ingat, jangan memaksakan jumlah penumpang melebihi batas maksimal, kasian pengemudinya.

Itulah tadi keempat rekomendasi transportasi untuk kamu yang ingin berkeliling di Kota Surabaya. Semoga bermanfaat Ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *