10 Ragam Kuliner Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba Ketika Traveling

10 Ragam Kuliner Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba Ketika Traveling

Berwisata ke suatu tempat belum afdol jika kamu belum berburu kuliner khasnya. Berwisata ke Semarang, jangan lewatkan untuk menjajal makanan yang menjadi ciri khas kota tersebut. Memiliki ciri khas dengan cita rasa yang enak akan membuat rasa lelah anda terbayarkan setelah berkeliling di sejumlah wisata.

Kota Semarang sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu kota yang cukup populer. Banyak traveler  datang kesana untuk menikmati berbagai tempat wisata yang keren dan unik. Kota ini memang penuh dengan tempat yang bisa dikunjungi karena keindahannya. Namun berkunjung ke Semarang tidak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai kuliner khasnya.

Ragam Produk Kuliner Dari Kota Semarang

Ibu kota provinsi Jawa Tengah ini memiliki segudang kuliner yang patut kamu coba. Dengan olahan khas yang berbeda dari daerah lain, membuat kamu ketagihan bila berkunjung lagi ke kota tua ini.

Agar kamu tidak bingung lagi untuk mencoba makanan apa saja saat berkunjung ke Semarang, berikut ini akan kami berikan 10 rekomendasi kuliner khas Semarang yang wajib kamu coba ketika traveling kesana!

  1.   Soto Bangkong
Soto Bangkong
Soto Bangkong – Foto : tripadvisor.com

Soto legendaris sejak tahun 1950 ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Semarang. Soto ini memiliki kuah cukup kental dengan isian ayam kampung. Yang membuat unik, jenis kuliner ini memiliki perpaduan bumbu rempah yang kaya dan mampu memanjakan lidah kamu.

Soto Bangkong sendiri merupakan jenis soto yang dibuat dari irisan daging, mie soun, tomat, tauge, dan rempah lainnya. Rasa dari soto ini segar dan gurih sekaligus.

Warung soto legendaris ini dapat kamu jumpai di Jalan Brigjen Katamso, Karangtempel dan buka mulai jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Selain menu soto andalan, terdapat juga menu lain seperti garang asem dan ayam goreng kampung yang rasanya dijamin mantab betul!

  1.   Lumpia Semarang
Lumpia Semarang
Lumpia Semarang – Foto : sajiansedap.grid.id

Pasti kamu tidak asing dengan nama makanan ini, hampir seluruh wilayah sudah mengenal makanan Lumpia. Namun, beda loh dengan lumpia khas Semarang. Ada dua jenis lumpia basah dan kering Semarang dengan isian yang padat dan terasa lembut, membuat lumpia ini menjadi jajanan favorit yang harus kamu coba.

Perpaduan antara rebung muda, udang dan telur terasa pas dan tidak berbau, enak dinikmati bersama saus dan daun bawang segar. Rasa ini yang menjadi kuliner kebanggaan khas Semarang. Dengan harga murah, kamu bisa merasakan nikmatnya lumpia Semarang ini yang tiada duanya.

Lumpia Semarang bisa kamu temukan di Gang Lombok, Jalan Pemuda, Jalan Mataram, Jagalan serta Jalan Pandanaran Semarang. Dengan keunikan tersendiri yang dijajakan oleh pemilik warung. Namun, rasa tetap menjadi ciri khas utamanya. Berminat untuk mencobanya? Segera datang ke lokasi tersebut, intinya jangan lewatkan kuliner satu ini jika berkunjung ke Semarang!

10 Tempat Wisata Di Ngawi Yang Lagi Hits Yang Banyak Dikunjungi Anak Muda  

  1.   Nasi Gandul Pak Memet
Nasi Gandul Pak Memet
Nasi Gandul Pak Memet – Foto : tripadvisor.co.id

Kuliner khas Pati ini banyak tersedia di Semarang, dan warung yang terkenal yaitu nasi gandul milik Pak Memet. Nasi yang mirip dengan soto Betawi ini disajikan di piring dengan alas daun pisang dan menggunakan sendok dari daun pisang yang dilipat.

Cita rasa yang khas antara perpaduan rawon, soto, dan gulai membuat siapa saja yang mencobanya pasti akan ketagihan. Olahan nasi hangat dengan lauk utama daging sapi dan jeroan ini menambah nikmat lidah kamu.

Terletak di Jalan Dokter Cipto Nomor 12 Bugangan, Semarang ini buka pada pukul setengah lima pagi sampai setengah sepuluh malam. Berdiri dengan tenda sederhana tidak membuat orang enggan untuk mampir ke tempat ini. Meskipun tempat yang terkesan sederhana, tapi nasi gundul ini sangat rame dan digandrungi oleh setiap orang, loh.

  1.   Tahu Gimbal
Tahu Gimbal
Tahu Gimbal – Foto : goodnewsfromindonesia.id

Kuliner dengan komposisi yang terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis mentah dan gimbal. Gimbal itu adalah jenis makanan dari bakwan udang. Komposisi yang khas membuat tahu gimbal ini digemari oleh semua kalangan. Guntingan merupakan cara berbeda dalam menyajikan tahu gimbal ini. Campuran komposisi bahan yang disiram dengan saus kacang petis udang membuat citarasa tahu gimbal ini semakin menggoda.

Tahu gimbal ini bisa kamu dapatkan di berbagai tempat jajanan di Semarang loh, dengan harga terjangkau mulai dari Rp.8.000 sampai Rp.10.000 kamu bisa menikmati satu porsi tahu gimbal ini, sangat yummy, bukan!

  1.   Es Puter Cong Lik
Es Puter Cong Lik
Es Puter Cong Lik – Foto : food.detik.com

Es puter atau biasa dikenal es dung dung ini merupakan kuliner populer di Semarang. Julukan yang unik, Cong Lik ini berasal dari penjualnya dengan singkatan Kacung Cilik (pembantu cilik). Es puter yang terbuat Dari bahan santan sebagai pengganti susu ini sangat legendaris. Struktur yang agak kasar dan perpaduan rasa manis asin menjadi khas tersendiri dari es puter ini.

Berbagai rasa dijajakan dalam kuliner es puter ini, mulai dari rasa nangka, sirsak, durian, alpukat, coklat, kelapa, kacang hijau dan rasa lainnya. Memudahkan kamu untuk memilih rasa sesuai dengan kesukaanmu.

Terletak di Jalan Kh. Ahmad Dahlan, es puter Cong Lik ini berada di tengah kota Semarang. Sangat mudah dijangkau untuk kamu yang akan melepas penat dalam perjalanan wisatamu.

  1.   Lekker Paimo
Lekker Paimo
Lekker Paimo – Foto : lifestyle.okezone.com

Lekker ini tidak asing di berbagai daerah kamu tentunya. Namun jangan lewatkan jajanan yang satu ini saat kamu berkunjung ke Semarang, loh. Dengan ciri khas yang berbeda pastinya, menjadikan lekker ini menjadi primadona yang wajib kamu coba.

Rasa yang memiliki ciri khas manis asin ini berbeda dengan leker yang pernah kamu temui lainnya. Dengan adonan yang khas menjadi leker ini digemari oleh semua kalangan. Dengan tambahan berbagai jenis topping dari yang manis hingga asing sampai kamu yang suka sosis bisa saja memesan rasa tersebut.

Dengan rasa yang lezat, satu buah lekker ini dipatok dengan harga yang sangat terjangkau loh. Membuat kamu ketagihan dan ingin memborongnya pasti. Terletak di jalan Mangunsarkoro Semarang ini mudah sekali kamu jangkau. Selain itu, sudah banyak cabang dari lekker paimo ini yang memudahkan kamu untuk menemukan kuliner yang satu ini.

Ini Dia 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang Yang Instagramable  

  1.   Kampoeng Semawis
Kampoeng Semawis
Kampoeng Semawis – Foto : daftartempatwisatadunia.web.id

Untuk kamu yang bingung mau makan apa, disini tempat yang menjadi surganya kuliner. Dengan sekali datang ketempat ini, kamu akan menemukan puluhan pedagang yang menjajakan berbagai kuliner khas dari Kota Semarang ini. Mulai dari makanan tradisional hingga makan yang sedang populer saat ini.

Selain kamu bisa berwisata kuliner dengan puas, kamu juga bisa loh membeli berbagai oleh-oleh seperti aksesoris, jilbab, baju, dan sebagainya.

Terletak tidak jauh dari pusat kota yaitu di jalan Kedungmundu Raya, Sendangguwo, Kec. Tembalang, Kota Semarang. Kampoeng Semawis ini buka mulai dari 6 petang hingga tengah malam.

  1.   Wedang Tahu
Wedang Tahu
Wedang Tahu – Foto : merdeka.com

Menikmati wedang di malam hari akan memperlengkap harimu, dinginnya angin malam akan terasa hangat jika kamu menikmati wedang tahu ini. Minuman dari kembang tahu dengan kuah jahe yang manis mampu membuat tenggorokan kamu lebih lega pastinya. Campuran jahe yang manis akan membuat kamu merasa lebih bugar setelah meminumnya.

Kamu dapat menjumpai wedang tahu khas Semarang ini depan Swiss House Ngaliyan, Semarang. Meskipun banyak yang menjual wedang tahu ini, tempat tersebut adalah rekomendasi untuk kamu yang ingin menikmati wedang tahu dengan rasa paling khasnya.

  1.   Nasi Goreng Babat Pak Taman
Nasi Goreng Babat Pak Taman
Nasi Goreng Babat Pak Taman – m.tribunnews.com

Nasi goreng babat Pak Taman sangat populer di Semarang. Terletak di dekat stasiun Diponegoro, nasi goreng ini disajikan dengan alas daun pisang dan tingkat kepedasan yang bisa kamu pesan sesuai selera.

Warung nasi goreng dengan khas daging babat yang empuk ini memiliki cita rasa yang pedas manis dan gurih dari tambahan potongan usus sapi dan bahan lainnya. Dengan keunikan lainnya, nasi goreng ini menggunakan campuran telur bebek dan acar timun sebagai pelengkapnya.

  1.       Pisang Plenet
Pisang Plenet
Pisang Plenet – Foto : cookpad.com

Untuk kuliner terakhir yang wajib kamu coba adalah pisang plenet. Dalam bahasa jawa arti dari nama ini adalah pisang yang dipenyet. Perlu kamu ketahui, kuliner ini sangat populer di Semarang dengan pembuatannya yang berbeda dan khas.

Menggunakan pisang kepok raja yang manis dan berwarna kuning. Dengan pembuatannya yang dibakar diatas bara api hingga pisang menjadi layu dan berwarna kecoklatan. Diolesi margarin yang menambah gurih rasa pisang ini, serta tambahan rasa yang sesuai dengan selera kamu. Cara penyajiannya pun berbeda, pisang yang diplenet pun ditangkup seperti sandwich.

Banyak sekali penjual pisang plenet ini disekitar jalanan Semarang, dengan harga yang tidak mencapai 10 ribu kamu dapat menikmati jajan pisang plenet ini.

10 Tempat Wisata Di Ngawi Yang Lagi Hits Yang Banyak Dikunjungi Anak Muda  

Nah, itu tadi 10 ragam kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Semarang. Tidak lengkap rasanya bila berkunjung tanpa menyantap makanan yang menjadi khas kota tersebut. Jadi, mana makanan yang menjadi favorit kamu? Jangan lupa untuk menambah daftar kuliner Semarang ini sebagai kuliner yang wajib kamu kunjungi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *