10 Lokasi Tempat Wisata Jawa Timur Yang Jarang Dikunjungi, Penasaran?

10 Lokasi Tempat Wisata Jawa Timur Yang Jarang Dikunjungi, Penasaran?

Provinsi Jawa Timur memang memiliki wisata alam dan buatan yang sangat melimpah. Namun, ada beberapa daerah yang memang jarang dikunjungi orang tetapi memiliki keindahan yang luar biasa. Di bawah ini, kami akan mengulas berbagai tempat wisata Jawa Timur yang kurang dieksplorasi oleh para wisatawan.

Bukit Jaddih

Bukit Jaddih
Bukit Jaddih – Foto : lifestyle.okezone.com

Bagi kalian yang ingin menemukan tempat wisata yang seperti di luar negeri, kalian pasti menyukai tempat wisata Bukit Jaddih di Bangkalan karena desain tempatnya yang unik. Tempat ini merupakan bekas tambang kapur putih yang mengeluarkan sumber air alami dan kemudian direnovasi oleh pemerintah setempat. Sehingga Bukit Jaddih dapat dijadikan menjadi tempat wisata yang begitu estetik.

Daya tarik tempat wisata ini selain air telaga yang berwarna hijau tosca adalah bangunan yang indah layaknya bangunan di kota Kapadokia. Tempat ini dijadikan spot foto yang menarik dan sangat indah dipandang. Lebih baik kalian mengunjungi tempat ini pada sore atau pagi hari. Karena pada saat-saat itu kalian akan melihat panorama alam yang sangat mengagumkan. Selain itu, kalian juga akan terhindar dari cahaya matahari yang menyengat kulit.

Benteng Van Den Bosch

Benteng Van Den Bosch
Benteng Van Den Bosch -Foto : idntimes.com

Tempat Wisata Jawa Timur yang satu ini sering dijuluki sebagai “Benteng Pendem” dikarenakan bangunannya yang sengaja dibuat lebih rendah dari pada tanah. Tujuannya yaitu agar dapat meningkatkan pertahanan benteng saat perang jaman dahulu. Tempat yang merupakan bangunan peninggalan Belanda saat penjajahan ini memiliki desain bangunan yang cukup antik. Benteng Van Den Bosch terletak di kota Ngawi, Jawa Timur. Tempat wisata yang satu ini sangat bagus untuk dijadikan swafoto atau sekedar bersantai sambil belajar tentang sejarah. Konon katanya benteng ini pernah dibom oleh tentara Jepang pada masa silam.

Gili Labak

Gili Labak
Gili Labak – Foto : nativeindonesia.com

Meskipun pulau Gili Labak memiliki ukuran tidak terlalu besar, namun pulau yang terletak dekat dengan Madura ini  memiliki sumber daya alam yang melimpah. Kalian dapat mengunjungi pulau ini dengan cara menaiki perahu dari Pelabuhan Kalianget dan memakan waktu sekitar 2 (dua) jam untuk dapat sampai di pulau ini.

Meskipun pulau ini hanya mempunyai lebar sekitar 5 hektar dan tidak terlalu besar, namun pulau ini memiliki keindahan yang berupa pasir putih yang membentang mengitari pulau. Selain itu air yang jernih, pohon yang rindang, dan kelengkapan sarana dan prasarana menjadi daya tarik wisatawan yang paling utama. Kalian pun bisa bersantai di pulau ini dengan cara berjemur, snorkeling, maupun diving.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo – Foto : dolanyok.com

Pantai ini memiliki ciri khas yang cukup berbeda dengan pantai lain. Yaitu air yang mengalir layaknya air terjun dan berada dekat dengan teluk pantai. Selain itu jika kalian beruntung mengunjungi pantai ini dalam keadaan surut. Pantai Banyu Tibo terletak di Kabupaten Pacitan.

Kalian akan menemukan pantai putih bersih yang menambah keindahan pantai ini. Namun Pantai Banyu Tibo tidak bisa digunakan untuk berselancar dan menyelam dikarenakan ombaknya yang cukup besar. Saat pasang, air pantai mencapai tebing yang membuat kalian hanya dapat melihat pantai ini dari jauh saja. Setelah perbaikan jalan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Pacitan dilakukan, sekarang jalan menuju tempat ini dapat dilalui oleh motor maupun mobil.

Teluk Kletekan

Teluk Kletekan
Teluk Kletekan – Foto : youtube.com

Malang memang memiliki wisata yang cukup beragam dan sering dijadikan tujuan utama para wisatawan. Namun, masih saja ada beberapa tempat yang memang jarang dikunjungi. Salah satunya adalah Teluk Kletekan yang ada di daerah Gedangan.

Teluk Kletekan belum begitu dikenal karena jalur darat yang menuju kesana sangatlah berbahaya dan dapat memacu adrenalin. Kalian dapat mengunjungi teluk ini dengan menyewa perahu dari pantai Lenggoksono. Meskipun membutuhkan waktu yang lama dan perjalanannya yang susah, kalian akan dapat menerima imbalan setimpal saat sampai di teluk ini, yaitu pemandangan yang eksotis.

Teluk ini memiliki banyak keindahan. Mulai dari airnya yang jernih dan tenang. Kemudian memiliki pemandangan yang menawan serta tidak terlalu banyak pengunjung sehingga dapat membuat kalian dapat lebih bersantai menikmati keindahan teluk ini. Teluk Kletekan memiliki kedalaman sekitar 7 m dan memiliki terumbu karang yang sangat cantik.

Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit
Pantai Gondo Mayit – Foto : travelspromo.com

Nama pantai ini diambil dari bahasa jawa gondo (bau) dan mayit (mayat). Namun, bukan dikarenakan sering ditemukan mayat di sana. Karena pada zaman dahulu pantai ini sering menjadi pembuangan mayat di jaman penjajahan. Sekarang tempat itu berubah menjadi wahana wisata yang memiliki air jernih serta ombak yang besar yang dapat kalian gunakan untuk berselancar.

Kalian juga bisa menikmati pemandangan pantai Gondo Mayit sambil duduk bersantai di pinggir pantai atau di bawah pohon yang rindang. Kalian juga bisa bermain di sekitar tepi pantai, walaupun harus berhati-hati dengan bulu babi yang banyak terdapat di sana. Lokasi pantai ini berada di kota Blitar dan kalian harus menempuhnya dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat karena belum ada transportasi umum yang menuju ke sana.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura – Foto : hoteldanwisata.com

Wisata ini terletak di kaki Gunung Tengger, namun masih berada di kawasan Probolinggo. Konon tempat ini sebagai tempat Gajah Mada menghabiskan hidupnya. Air terjun ini memiliki view yang sangat menakjubkan. Air Terjun Madakaripura berbentuk goa yang tebingnya mengalirkan air ke bawah dan kamu bisa menikmati cahaya matahari yang lebih indah dipandang saat berada didalamnya.

Kamu tak akan merasa kepanasan dikarenakan air yang mengalir ke dalam menyebabkan hawa yang sejuk. Untuk berjaga-jaga bawalah jas hujan untuk melindungi barang bawaan anda. Track lintasan untuk menuju tempat wisata yang satu ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Bagi kalian yang ingin mengendarai kendaraan umum, kalian bisa naik angkutan dari Terminal Probolinggo yang menuju ke Desa Lumbung. Setelah itu, berpindah angkutan dari desa tersebut menuju Bromo. Nah, pada saat itu kalian dapat turun tepat di depan pintu masuk air terjun. Siapkan tenaga penuh dan sarapan sebelum ke tempat ini, dikarenakan butuh 20 menit berjalan kaki setelah melewati pintu masuk untuk sampai ke Air Terjun Madakaripura.

Pantai Rowo Indah

Pantai Rowo Indah
Pantai Rowo Indah – Foto : catatanpribadihafifa.blogspot.com

Pernah mendengar nama pantai ini di telingamu? Mungkin tidak sesering pantai lainnya, karena jenis pantai ini merupakan salah satunya yang kurang mendapatkan perhatian dari wisatawan. Sejatinya Pantai Rowo Indah adalah nama lain dari Pantai Gua Cina yang ada di kota Malang.

Jika kamu datang ke daerah Pantai Rowo Indah, kamu akan mendapatkan pemandangan yang cukup unik di sana. Hal unik tersebut adalah pertemuan gelombang laut dari tiga arah. Yaitu dari arah selatan, timur, dan barat. Pertemuan gelombang dari tiga arah tersebut menimbulkan suara dentuman yang unik pula, dan tidak akan ditemui pada daerah pantai biasa yang memiliki satu arah gelombang.

Mengapa goa ini disebut dengan Goa Cina? Karena ada pertapa China yang sering bersemedi di daerah ini pada zaman dahulu. Pertapa tersebut meninggalkan jejak huruf China yang mudah dikenali dan kemudian diketahui oleh masyarakat sekitar.

Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur Gresik
Bukit Jamur Gresik – Foto : blog.reservasi.com

Kota Gresik adalah kota industri yang seringkali masuk dalam liputan berita sebagai kota yang penuh dengan tempat wisata. Namun ada salah satu tempat wisata di kota tersebut yang kurang terlalu dieksplorasi, yaitu Bukit Jamur. Sesuai dengan namanya, Bukit Jamur adalah bukit yang menyerupai bentuk jamur.

Tidak hanya ada satu bukit yang berbentuk demikian, namun ada puluhan jumlahnya. Inilah mengapa Bukit Jamur harus masuk dalam salah satu tempat wisata yang harus kamu kunjungi di Gresik. Jika kamu bertanya-tanya mengenai asal-usul dari bentuk jamur bukit-bukit tersebut, jawabannya karena ulah penambang.

Dulunya kawasan ini banyak digali oleh penambang untuk menggali kapur. Namun semakin hari stok kapur semakin menipis, meninggalkan bukit-bukit indah tersebut di kemudian hari. Jika kamu ingin kesini, jangan saat mendung atau musim hujan karena lintasannya bisa membahayakan.

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang – Foto : idntimes.com

Pantai Kedung Tumpang berada di kota Tulungagung, dan menjadi salah satu pantai yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi tahun 2020. Walaupun tidak seterkenal pantai-pantai lain di provinsi Jawa Timur, namun pantai yang satu ini mampu menyediakan bentang alam yang sangat memuaskan hati.

Keistimewaan dari pantai ini adalah adanya danau yang berbatasan dengan air laut. Danau ini terletak di dataran tinggi sehingga terkesan seperti menumpang pada air laut di bawahnya. Pantai ini juga tidak memiliki pasir putih layaknya pantai biasanya. Hanya ada batu karang raksasa yang dapat dijadikan latar belakang swafoto yang sangat keren.

Itulah beberapa tempat wisata yang indah di Jawa Timur namun kurang mendapatkan perhatian dari wisatawan. Tempat-tempat tersebut sangat layak kamu kunjungi dengan keluarga dan para kerabat. Selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *