10 Daftar Objek Wisata Kreatif Di Malang Dekat Batu Lengkap Informasi Tiket Masuknya

10 Daftar Objek Wisata Kreatif Di Malang Dekat Batu Lengkap Informasi Tiket Masuknya

Kalian yang suka kelayapan dan bertempat tinggal di pulau Jawa pasti tak asing dengan kota ini. Kota yang selalu menarik turis mancanegara maupun turis lokal dikarenakan keindahannya baik alam maupun wisata buatan. Wahana wisata buatan yang dimiliki Kota ini tak kalah indah dan kreatif dari pesona alamnya. Berikut merupakan 10 wisata kreatif di Malang beserta informasi tiket masuknya.

Omah Kayu

Omah Kayu
Omah Kayu – Foto : tokopedia.com

Dari judulnya mungkin kalian mengira jika tempat wisata ini seperti rumah kayu biasa. Dugaan kalian salah, tempat wisata yang satu ini bukan rumah kayu yang biasa. Rumah kayu ini mempunyai lokasi dan pemandangan yang indah. Lokasinya terletak diatas pohon yang kuat dan tidak mudah patah.

Untuk sampai ke sana kalian harus melewati jalan yang curam dan hanya diperbolehkan menggunakan kendaraan roda 2 saja. Selain itu tempat ini memiliki pemandangan yang luas, berupa pemandangan kota Malang yang indah dan asri. Kalian tidak akan merasa menyesal datang kesini dengan perjalanan yang memang membutuhkan sedikit perjuangan.

Pendiri Omah Kayu ini menyulap kayu menjadi sebuah rumah dengan desain yang apik dan dapat menambah nilai estetik pada tempat wisata ini. Keindahan pemandangan di atas Omah Kayu hanya dapat dinikmati oleh mereka yang menginap. Jika tidak, jam kunjungan dibatasi hingga pukul 17:00 WIB.

Untuk masuk ke tempat wisata ini kalian harus membayar 2 kali. Hal ini dikarenakan tempat Omah Kayu termasuk dalam wahana wisata Gunung Banyak. Untuk masalah pembayaran, kalian harus membayar wahana wisata gunung banyak sebesar Rp 5.000 kemudian membayar wahana wisata omah kayu sebesar Rp 5.000. Untuk biaya penginapan, saat hari normal dikenakan biaya Rp 350.000 per kabin sedangkan saat weekend atau hari besar dikenakan biaya sebesar Rp 450.000 per kabin.

Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari – Foto : jejakpiknik.com

Untuk kalian penyuka wisata alam kalian pasti suka dengan tempat ini. Kebun teh yang terletak di daerah Wonosari kota Malang ini disulap menjadi tempat wisata yang bagus. Jika kalian mampir ke tempat ini, kalian akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang luas. Tak hanya itu, yang membuat unik tempat ini adalah jembatan kayu yang dibuat diatas kebun teh. Bahkan kalian dapat menaiki jembatan tersebut untuk menikmati pemandangan di atasnya atau berswafoto.  

Selain menyuguhkan keindahan alam, tempat wisata ini juga menyediakan wahana outbond dan playground serta fasilitas pemandian air hangat. Untuk tiket masuk hari biasa dikenakan tarif sebesar Rp 8.000 per orang sedangkan saat hari libur nasional sebesar Rp 12.000 per orang.

Taman Wisata Wendit

Taman Wisata Wendit
Taman Wisata Wendit – Foto : panwis.com

Taman Wisata Wendit berasal dari pemandian air yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Pendiri taman wisata ini melakukan modifikasi dengan cara merenovasi dan mengelola tempat ini menjadi lebih modern dan epik. Tempat wisata ini mempunyai berbagai jenis kolam.

Yang pertama kolam alami yang bersejarah, yang dipercayai oleh masyarakat sekitar bahwa kolam tersebut merupakan tempat istirahat Hayam Wuruk. Yang kedua adalah kolam spa yang desain dasar lantainya berupa bebatuan alam. Yang ketiga merupakan kolam buatan atau yang sering disebut telaga dan memiliki perahu dayung yang dapat kalian sewa untuk berkeliling menikmati pemandangan.Yang keempat merupakan waterpark. Wahana ini dilengkapi seluncuran panjang yang cukup menantang dan membangkitkan adrenalin. Selain pemandian air, di taman ini juga dilengkapi dengan arena bermain untuk anak yang dapat digunakan untuk kegiatan outbond. Untuk masalah harga, tiket tempat wisata ini dibedakan dari segi umur. Untuk dewasa harga tiketnya berkisar Rp 18.000 sedangkan anak-anak Rp 14.000.

D’topeng

D’topeng
D’topeng – Foto : tripadvisor.com

Tempat ini didirikan karena kreativitas para pendirinya dalam mengoleksi topeng sejak 20 tahun yang lalu. Reno Halsamer, sang pendiri, mengumpulkan koleksi topeng dari para kolektor, dan bahkan dari warga negara asing pada museumnya. Selain dapat digunakan untuk berswafoto museum ini juga dapat digunakan untuk belajar sejarah budaya negara kita. Untuk masalah harga, tiket masuk hari senin-kamis sebesar Rp 25.000, sedangkan untuk hari Jumat-Minggu dan hari libur nasional sebesar Rp 30.000.

Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco
Pemandian Kalireco – Foto : nativeindonesia.com

Bagi kalian yang ingin yang berjalan-jalan dengan budget yang sedikit, kalian pasti menyukai tempat wisata ini. Tempat ini didesain dengan kreatif, karena tempat ini dulunya adalah sarana irigasi. Namun, sekarang direnovasi menjadi tempat pemandian umum dikarenakan airnya yang jernih dan segar. Untuk pembayarannya tempat wisata ini tidak dipungut biaya namun diberlakukan aturan “bayar seikhlasnya”.

Kampung Keramik Dinoyo

Kampung Keramik Dinoyo
Kampung Keramik Dinoyo – Foto : malang.merdeka.com

Bagi kalian yang bingung untuk mencari oleh-oleh atau sekedar mencari perabotan rumah tangga serta ingin mencari vas bunga, kalian dapat mengunjungi tempat yang satu ini. Berbagai macam olahan keramik dibentuk dengan sangat kreatif hingga menghasilkan karya-karya yang unik dan bagus. Selain itu, di tempat ini barang yang dijual harganya relatif murah.

Museum Keswa

Museum Keswa
Museum Keswa – Foto : wearemania.net

Asal muasal tempat ini dibuka adalah Rumah Sakit Jiwa Lawang yang berdiri sebelum tempat ini. Tujuannya untuk mengingat sejarah tempat ini. Selain itu tempat ini juga memajang hasil kreativitas para pelukis. Di dalam Museum Keswa terdapat barang-barang yang mungkin akan membuat bulu kuduk kalian merinding.

Pasalnya dalam tempat ini kalian disuguhkan benda-benda yang digunakan untuk menangani pasien sakit jiwa pada masa penjajahan belanda. Seperti pasung, rantai kaki, alat pengiris otak, dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuk tempat ini gratis dan tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Wisma Erni, Lawang

Wisma Erni, Lawang
Wisma Erni, Lawang

Tempat wisata yang satu ini dulunya merupakan wisma mewah yang pemiliknya dibunuh oleh pembunuh berantai. Namun dikarenakan isu pembunuhan tersebut justru masyarakat malah penasaran dan ingin melihat seperti apa tempat itu dari dekat. Sehingga banyak yang datang untuk berwisata. Tak hanya itu, dengan latar belakang bangunan tua yang megah ini mereka dapat berswafoto sepuas mungkin. Tiket tempat wisata yang satu ini gratis.

Inggil Museum Resto

 Inggil Museum Resto
Inggil Museum Resto – Foto : satyawinnie.com

Bangunan bekas hotel Asia ini di sulap menjadi restoran sekaligus museum yang mengenalkan kita dengan sejarah kota ini. Restoran ini juga dilengkapi dengan berbagai macam makanan dan minuman yang bisa membuat kalian betah berlama-lama di Inggil Museum Resto sekedar untuk nongkrong. Selain itu kalian dapat menemukan souvenir khas Malang di dekat resto ini. Untuk tiket masuk tempat ini gratis, namun jika kalian ingin minum dan makan kalian harus membayarnya.

Kampung Sapi Adventure

Kampung Sapi Adventure
Kampung Sapi Adventure – planetbeji.blogspot.com

Berawal dari salah satu kampung di kota Malang yang bernama “Kampung Embong Brantas”, pemerintah mengusulkan untuk mengadakan penanganan kawasan permukiman kumuh yang merupakan bagian rencana pembangunan nasional.

Dibantu oleh CSR, salah satu perusahaan cat di kota ini beserta para tukang dan seniman mural, kampung ini diubah menjadi tempat wisata yang sangat epik. Semua bangunannya berwarna biru disertai desain yang apik dan lukisan-lukisan yang indah. Tempat ini memiliki tiket masuk beserta tiket parkir yang dijadikan satu sebesar Rp 2000.

Informasi di atas merupakan 10 rekomendasi wisata kreatif di kota Batu Malang. Kalian dapat mengunjungi tempat tersebut dengan keluarga dan teman. Happy holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *