14 Tempat Jalan –  Jalan Malam Yang Estetik di Kota Surabaya

14 Tempat Jalan – Jalan Malam Yang Estetik di Kota Surabaya

Kamu sedang berlibur di Surabaya ? Tapi bosan hanya berdiam diri di penginapan?  cobalah untuk jalan-jalan keliling kota Surabaya dengan mengunjungi tempat-tempat estetik disini. Malam hari sangat cocok untuk kamu menjelajahi tempat-tempat estetik di Kota Pahlawan, karena kalau siang hari kamu pasti kepanasan.

Tempat jalan-jalan malam yang estetik di Surabaya jumlahnya lumayan banyak, dari taman kota sampai bangunan tua dengan temaram lampu hiasnya. Apalagi bagi kamu yang doyan berswafoto, pasti tempat-tempat ini bakal memuaskan liburanmu.

Sebagai bahan pilihan serta memudahkanmu selama liburan di Surabaya, kami akan rangkum beberapa tempat jalan-jalan malam yang estetik di Kota Pahlawan, Surabaya. Let’s Check it Out!

1. Jalan Tunjungan – Siola

Jalan Tunjungan Siola
Jalan Tunjungan Siola – Foto : detiknews.com

Jika kamu ingin menikmati indahnya deretan toko-toko lawas era jaman Belanda beserta lampu hias ditengah jalannya. kamu bisa menjelajahi kawasan Jalan Tunjungan sampai Siola.

Jalan Tunjungan selalu ramai wisatawan dari pagi sampai malam hari, namun estetika jalan ini akan nampak ketika malam hari.

2. Hotel Majapahit

Hotel Majapahit Surabaya
Hotel Majapahit Surabaya – Foto : student.pens.ac.id

Hotel yang merupakan saksi perjuangan arek-arek Suroboyo ini juga menjadi pilihan tempat jalan-jalan malam yang estetik. Arsitektur Belanda yang sangat kental membuat hotel ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Banyak sekali titik-titik estetik yang ditawarkan Hotel Majapahit. Dari taman besar di dalam hotel, restoran lawas, sampai area luar hotel yang juga cocok untuk berswafoto.

3. Jembatan Suroboyo

Jembatan Suroboyo
Jembatan Suroboyo – Foto : phinemo.com

Jembatan yang didirikan pada tahun 2016 ini bisa menjadi destinasi jalan-jalan malam estetik kamu selanjutnya. Jembatan Suroboyo berada di timur Surabaya tepatnya di kawasan Pantai Kenjeran.

Jembatan Suroboyo akan memberikan kamu atraksi air mancur menari, yang akan menyala setiap jam 7 malam. Air mancur menari ini akan bergerak mengikuti irama musik yang dimainkan.

Namun sayangnya, saat ini air mancur menari hanya bisa dinikmati setiap hari sabtu dan minggu saja.

4. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu di Malam hari
Jembatan Suramadu – Foto : detiktravel.com

Setelah kamu mampir di Jembatan Suroboyo kurang cukup kalau tidak mengunjungi jembatan Suramadu di malam hari. Selain menikmati hembusan angin laut dibawah jembatan, kamu juga bakal disuguhkan indah nya lampu hias yang langsung menyorot tiang pancang jembatan Suramadu. Estetik sekali untuk pengambilan gambar di waktu “Golden Hours” .

5. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay
Surabaya North Quay – Foto : nativeIndonesia.com

Menikmati hembusan angin di atas pelabuhan kapal internasional adalah salah satu hal yang tidak mungkin bisa kamu lewatkan. Pada malam hari indahnya suasana pelabuhan Tanjung Perak, terangnya Kota Madura, bahkan Jembatan Suramadu bisa kamu nikmati dari sini.

Jika beruntung, kamu bisa bertemu kapal pesiar internasional yang sedang bersandar. Kamu akan bertemu banyak wisatawan luar yang akan semakin membuat suasana disini layaknya di luar negeri. Estetik bukan ?

6. Taman Skate dan BMX Plasa Surabaya

Taman Skate dan BMX Plasa Surabaya
Taman Skate dan BMX Plasa Surabaya – Foto : blogspot.com

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana sungai di malam hari sembari melihat pemuda-pemudi Surabaya melakukan trik-trik keren dengan papan Skateboard dan sepeda BMXnya. Lokasi ini sangat tepat kamu kunjungi. Selain tepat berada di pusat kota, di lokasi ini kamu bisa melihat langsung menjulangnya gedung-gedung bertingkat di Kota Surabaya.

Disini juga terdapat patung Suroboyo dan Monumen Kapal Selam yang bisa membuat suasana semakin estetik. Keren!

7. Wisata Perahu Sungai Kalimas

Wisata Perahu Kalimas
Wisata Perahu Kalimas – Foto : beritasatu.com

Berada dekat dengan Taman Skate dan BMX, kamu bisa memilih tempat jalan-jalan malam estetik yang lain. Kamu bisa menikmati indahnya Kota Surabaya di malam hari dengan menggunakan perahu wisata yang ada di Kalimas.

Kamu akan disuguhkan indahnya lampu-lampu hias yang ada di sepanjang sungai, megahnya Gedung Grahadi, hingga gemerlap nya cahaya gedung-gedung bertingkat di pusat kota.

Tapi kamu tetap harus berhati-hati, mengingat ini wisata air. Jangan sampai barang berhargamu jatuh ke air dan mengganggu momen seru liburanmu.

8. Bambu Runcing

Bambu Runcing
Bambu Runcing Surabaya – Foto : iklanjatim.com

Salah satu monumen perjuangan arek-arek Suroboyo ini juga menjadi tempat pilihan bagi kamu yang ingin jalan-jalan malam. Warna bambu emas beserta lampu hias yang ciamik membuat monumen ini cocok untuk kamu yang hobi mengabadikan momen.

9. Kawasan Jembatan Merah Plasa

JMP
Kawasan Jembatan Merah Plasa – Foto : jejakpiknik.com

Di tempat ini kalian akan dimanjakan dengan kumpulan bangunan-bangunan Belanda yang masih dijaga bentuknya. Banyak sekali bangunan Belanda yang bisa kalian jadikan tempat estetik untuk sekedar foto-foto atau bahkan untuk mengambil dokumentasi video.

Tapi perlu kamu ketahui, bahwa di kawasan ini selalu ramai wisatawan. Jadi kalian harus siap antri dan bersabar, karena juga kadang dipakai untuk foto prewedding.

10. Kya Kya

Kya Kya
Kya Kya Surabaya – Foto : semankuyee.blogspot.com

Masih berada di dekat Jembatan Merah Plasa, Kya-Kya merupakan kawasan pecinan lawas. Disini kalian bisa menikmati indahnya bangunan lawas masyarakat China Surabaya. Di Kya-Kya juga terdapat gerbang masuk khas China yang sulit untuk dilewatkan para pecinta fotografi.

Bangunan-bangunan lawas disini sudah mengalami peremajaan sehingga semakin meningkatkan ke-estetikan tempat ini.

11. Jalan Panggung Kembang Jepun

Jalan Panggung Kembang Jepun
Jalan Panggung Kembang Jepun – Foto : liputan 6

Masih berada dekat dengan kawasan Kya-Kya, kawasan kampung Arab lawas yang sudah dipugar ini menjadi tempat jalan-jalan malam paling baru yang ada di Kota Surabaya.

Kamu akan merasakan suasana Surabaya pada jaman kolonial. Jalan paving, lampu hias ala Belanda, deretan rumah-rumah lawas akan membuatmu terhipnotis seakan kita benar-benar berada di Surabaya tahun 1930an.

Namun, kamu tetap harus berhati-hati jika sedang berada disini. Mengingat ini jalan umum dan bukan kawasan wisata.

12. Taman Pelangi

Taman Pelangi
Taman Pelangi Surabaya – Foto : jejakpiknik.com

Taman yang satu ini merupakan tempat jalan-jalan malam Surabaya yang identik dengan anak muda. Jangan kaget, karena kamu akan  menemukan banyak pasangan muda-mudi menghabiskan waktu di Taman Pelangi karena suasananya yang romantis. Taman yang memiliki hiasan lampu seperti pelangi ini akan menyala di saat malam hari.

Kamu perlu bersiap-siap jika ingin mengabadikan momen ditempat ini, mengingat tak hanya warga Surabaya saja yang datang ke Taman Pelangi tetapi warga Sidoarjo juga. Pasalnya, Taman Pelangi berada di dekat pintu masuk Kota Surabaya.

13. Patung Suro dan Boyo.

Patung Suro dan boyo
Patung Suro dan Boyo – Foto : IDN times

Tempat jalan-jalan malam yang estetik lain di Kota Surabaya adalah Patung Suro dan Boyo. Berada persis di depan Kebun Binatang Surabaya, membuat wisatawan ingin mengabadikan momen ditempat ini.

Ikon Kota Surabaya ini bisa kalian nikmati tanpa merogoh kocek sepeserpun.

14. Taman Bungkul

Pasar Malam Kodam
Taman Bungkul – Foto: tempatwisata.com

Bergeser tak jauh dari Patung Suro dan Boyo, kamu bisa berkunjung ke Taman Bungkul. Taman yang sebenarnya merupakan makam sesepuh ini bisa kamu jadikan referensi tersendiri tempat jalan-jalan malam yang estetik. Sama halnya dengan Taman Pelangi, kamu akan menemukan banyak pasangan muda-mudi. Serta berjubelnya wisatawan lokal dan masyarakat luar Kota Surabaya yang ingin menghabiskan waktu malam disini.

Kamu bisa menikmati keasrian yang dimiliki Taman Bungkul sembari duduk-duduk santai. Taman Bungkul berada di Jalan Darmo, pemerintah Surabaya selalu menjaga kebersihan sehingga membuat wisatawan nyaman.

14 tempat jalan-jalan malam estetik di Surabaya tadi bisa menjadi pilihan tujuan bagi kamu yang bingung malam-malam mau pergi kemana. Selamat menikmati malam seru di Suroboyo sobat kelayapan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *